Emil Serahkan Pengelolaan BUMD ke Uu

Roni Kurniawan    •    Senin, 08 Oct 2018 18:53 WIB
pemerintah daerah
Emil Serahkan Pengelolaan BUMD ke Uu
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil). Medcom.id/Roni Kurniawan.

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan pengelolaan Bank BJB ke Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Pengelolaan itu diserahkan Emil ke Uu dalam kurun waktu satu tahun kepada Uu untuk membenahi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut.

Emil mengaku, hal itu dilakukan karena ia ingin fokus untuk membenahi organisasi perangkat daerah (OPD) di awal kepemimpinannya.

"Setahun ini saya titip ke Pak Wagub dulu," kata Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, 8 Oktober 2018.

Emil menuturkan, penunjukkan tersebut berdasarkan tugas Uu sebagai wakil gubernur yang membantu kesibukan gubernur mengurus program kerja lainnya. 

"Kan tugasnya wakil gubernur adalah mengisi tupoksi (tugas, pokok, dan fungsi) gubernur, yang gubernur mungkin sibuk," jelas Emil.

Emil mengaku saat ini sedang menangani 54 OPD untuk memastikan seluruh program kerja yang telah dicanangkan lima tahun kedepan bisa berjalan dengan baik.

"Saya lagi fokus internal, ke dinas (OPD) dulu," sambungnya.

Selain Bank BJB, seluruh pengelolaan BUMD di Jabar pun diserahkan kepada Uu dengan harapan bisa meningkatkan kualitas pelayanan. Emil pun meminta Uu untuk melakukan evaluasi di seluruh BUMD agar selama lima tahun kedepan bisa memunculkan berbagai inovasi.

"Untuk mengawal semua urusan, dimulai dengan mengevaluasi semua performa. Semuanya. Semuanya akan dicek. Diaudit dulu lah," pungkas Emil.


(DEN)