UK Maranatha Berdayakan Masyarakat di DAS Citarum

M Studio    •    Rabu, 28 Nov 2018 21:24 WIB
beasiswa osc
UK Maranatha Berdayakan Masyarakat di DAS Citarum
Universitas Kristen Maranatha menyelenggarakan KKN Tematik Citarum Harum, di Bojong Soang, Bandung, Jawa Barat, Sabtu 24 November 2018 (Foto:Dok.UK Maranatha)

Bandung: Universitas Kristen (UK) Maranatha turut berperan dalam program Belmawa Kemenristekdikti untuk pemberdayaan masyarakat di daerah aliran sungai (DAS) Citarum.

Wujud nyata program tersebut ialah dengan melaksanakan kegiatan KKN Tematik Citarum Harum, di Bojong Soang (sektor 6 Citarum Harum), Bandung, Jawa Barat, Sabtu 24 November 2018.

Sebanyak 110 peserta UMKM Bojong Soang mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh 88 mahasiswa UK Maranatha dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik, serta didukung 21 dosen pendamping dan panitia.

Mengambil tema Berkah Melimpah Citarum Harum, kegiatan tersebut diharapkan menjadi berkah bagi para pengusaha dan calon pengusaha UMKM kuliner. Mereka dibekali pengetahuan tentang kewirausahaan, serta tampilan dan pengemasan produk kuliner yang berkualitas baik.

Sebagai penghasil sampah yang tidak sedikit, kesadaran para peserta kegiatan akan penggunaan kemasan yang ramah lingkungan dan pengelolaan sampah dibangkitkan melalui penjelasan, tanya jawab, dan pendampingan.  

Kegiatan berlangsung sejak pagi hari hingga menjelang petang. Acara dibuka dengan kata sambutan oleh Kasub Bagian Akademik LL Dikti wilayah IV Agus Supriatna, perwakilan Bank Sampah Bersinar John Samual, WR I bidang Akademik dan Kemahasiswaan UK Maranatha Olga Pattipawaej, dan Lurah Bojong Soang H.M Jauhari.



Pada acara tersebut, John Samual menjelaskan pentingnya memilah sampah dan mendaur ulang sampah jika tidak ingin anak cucu kita tidur di atas sampah yang menggunung.

Himawan Adi dari Kodam Siliwangi juga menyampaikan bahwa Satgas Citarum Harum terus bersinergi dengan masyarakat untuk menciptakan Citarum Harum. "Kawasan Citarum diproyeksikan menjadi tempat wisata," katanya.

Henky Lisan Suwarno, pembicara dari UK Maranatha, memberikan tips penting untuk keberhasilan wirausaha yaitu usaha, manfaat, kesempatan, dan money (UMKM), serta perlu daya untuk menjadi besar.



Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain UK Maranatha Nina Nurvina melengkapi pembekalan bagi peserta melalui penjelasan bagaimana membuat kemasan menarik, ramah lingkungan, dan aman bagi kesehatan yang dapat meningkatkan daya jual produk kuliner.

Para peserta UMKM juga dibekali tiga sesi menarik yang disampaikan oleh mahasiswa Program Studi S-1 Manajemen, Desain Komunikasi Visual, dan Desain Interior yaitu materi dan praktik kewirausahaan, display/tampilan, serta packaging/kemasan produk kuliner. Setiap sesi dilengkapi penilaian indikator pencapaian untuk mengukur hasil dari proses yang dilaksanakan.

Upaya pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang didukung oleh lingkungan yang bersih dan sehat ini akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan untuk meningkatkan taraf dan kualitas hidup masyarakat, khususnya di DAS Citarum.


(ROS)