Ridwan Kamil Bakal Renovasi Alun-alun Kejaksaan Cirebon

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 14 Nov 2018 15:36 WIB
infrastruktur
Ridwan Kamil Bakal Renovasi Alun-alun Kejaksaan Cirebon
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat membuat sketsa perbaikan alun-alun Kejaksan Cirebon. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Jawa Barat, menjadi salah satu target alun-alun yang akan direnovasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Niatan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyulap salah satu alun-alun kebanggan warga Cirebon ini disampaikannya saat berkunjung ke lokasi.

Menurut Emil, Cirebon merupakan wilayah perkotaan yang memiliki potensi wisata sejarah dan belanja. Namun, Cirebon kurang memiliki tempat yang bisa menahan wisatawan untuk bertahan lebih lama.

"Tahun depan kita sudah sepakat, akan merenovasi alun-alun Kejaksaan," kata Emil di Cirebon, Rabu, 14 November 2018.

Selain alun-alun Kejaksaan, Emil juga akan merenovasi Tugu Proklamasi yang lokasinya tidak jauh dari Alun-alun Kejaksaan. Dia ingin Tugu Proklamasi biar terlihat lebih besar dan dihormati.

Beberapa fasilitas yang akan dimunculkan yaitu parkir bawah tanah dan sejumlah fasilitas infrastruktur penunjang lain. Beberapa di antaranya internet gratis, area pedagang kaki lima dua lantai dan tempat bermain untuk segala usia.

Selain itu, Emil juga merencanakan untuk menggunakan rumput sintetis sebagai alas utama alun-alun nanti. "Karena kalau menggunakan rumput hidup, beberapa hari juga rusak," kata Emil.

Setelah meninjau langsung Alun-alun Kejaksaan, Emil langsung membuat sketsa renovasi Alun-alun Kejaksaan Cirebon yang akan dilaksanakan tahun depan. Sketsa tersebut juga, langsung ditandatangani perwakilan pemerintah Kota Cirebon dan tokoh masyarakat.
 


(SUR)