Geser Gerbang Tol, Jarak ke Pasteur Jadi 4,5 Km

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 26 Nov 2016 14:09 WIB
kota bandung
Geser Gerbang Tol, Jarak ke Pasteur Jadi 4,5 Km
Antrean kendaraan roda empat ketika akan keluar dari Pintu Tol Pasteur. (Media Indonesia/Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Bandung: Awal 2017 wajah Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat akan mengalami perubahan. Salah satu gerbang utama masuk ke Kota Bandung itu direnovasi sebagai upaya mengurai kemacetan, terutama di akhir pekan dan libur panjang.

Sebanyak dua ruas jalan, baik masuk dan keluar gerbang tol Pasteur, awal tahun nanti akan dibangun. Namun, pembangunan dua ruas jalan dan gardu itu tidak akan mengubah alur lalu lintas di dalam tol Pasteur.

"Ini sebagai upaya mengurai kemacetan," ujar Ricky Distawardhana, General Manajer PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, saat ditemui di kantor GT Pasteur, Jalan Unpar 2, Kota Bandung, Sabtu (26/11/2016).

Ricky mengatakan telah berkoordinasi dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk pergeseran ini. Pasalnya, sebagian besar pengunjung yang datang ke Kota Bandung masuk melalui GT Pasteur.

Menurut Ricky, pembangunan dua ruas jalan serta penambahan gardu tiket, baik masuk ataupun keluar GT Pasteur, akan mulai dilakukan Februari atau Maret 2017. Nantinya, untuk kendaraan yang hendak masuk atau keluar dari Kota Bandung, akan mengambil tiket tol di kilometer empat atau di dekat kawasan Baros, Kota Cimahi.

"Jadi, jarak dari lampu merah Pasteur ke pintu masuk tol sekitar 4,5 kilometer. Cukup Jauh. Sehingga bisa mengurai kemacetan sampai lampu merah," kata dia.

Baca: Gerbang Tol Pasteur Bakal Digeser

Sedangkan untuk pintu keluar tol Pasteur atau kendaraan yang hendak memasuki Kota Bandung, akan ditambah menjadi dua ruas jalan dan dua gardu. Saat ini, terdapat 8 gardu untuk pembayaran yang nantinya menjadi 10 gardu.

"Untuk exit ditambah dua gardu jadi 10, untuk entrance juga ditambah dua, asalnya lima jadi tujuh gardu," kata dia.


(UWA)