Menebar Semangat Membaca dari Dalam Angkot

Ilham wibowo    •    Senin, 17 Oct 2016 10:09 WIB
minat baca
Menebar Semangat Membaca dari Dalam Angkot
Rak buku yang dipasang di belakang angkot suami Elis -- istimewa

Metrotvnews.com, Bandung: Postingan foto berupa perpustakaan gratis di dalam angkutan kota (angkot) yang diunggah Elis Ratna Suminar menjadi viral di media sosial. Tak sedikit masyarakat jadi terinspirasi dari usaha yang dilakukan ibu dua anak ini.

Elis adalah pustakawati di sebuah SDN Kabupaten Bandung. Ia sangat berhasrat menumbuhkan minat membaca masyarakat.

Bersama suaminya, Muhammad Pian Sopian, Elis berusaha mewujudkan keinginannya dengan membuat perpustakaan mini berjalan. Sejak awal Oktober, Elis menghiasi bagian belakang angkot warna hijau yang dikemudikan suaminya dengan deretan buku.

"Mulai efektif bikin perpustakaan mini di angkot baru tiga bulan. Kebanyakan buku koleksi pribadi. Ada juga beberapa dari sumbangan warga," kata Elis kepada Metrotvnews.com, Senin (17/10/2016).

Perpustakaan angkot kreasi Elis dibuat dengan sedikit memodifikasi bagian kaca belakang angkot jurusan Soreang-Lewi Panjang. Rak dari besi sengaja dipasang untuk menaruh buku-buku bacaan.

"Semua buku bisa dibaca dengan gratis selama berada di angkot. Tapi ongkos angkotnya tetap bayar," ujar Elis.


Muhammad Pian Sopian, suami Elis, sedang menata buku di dalam angkot -- istimewa

Warga Parken A11 Nomor 6, Desa Nagrak, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung itu tak khawatir buku koleksinya hilang. Justru ia mengaku senang bila bukunya berkurang.

"Berarti yang minat membaca semakin bertambah. Kalaupun diambil, nanti juga ada yang mengembalikan lagi," kata Elis dengan yakin.

Elis menuturkan, angkot yang dikendarai suaminya kini menjadi incaran pelajar SMP hingga SMA untuk sekadar membaca buku. Tak jarang, penumpang turun lebih jauh dari tempat tujuan karena terlalu asyik membaca.

"Beberapa penumpang sudah akrab sama suami saya, malah ada yang request pengen judul tertentu, seperti resep masakan buat ibu-ibu, cara budi daya buat bapak-bapak," tutur Elis.

Demi memenuhi keinginan pembaca, Elis mengaku memimjam dari tempatnya bekerja. Ia membuka pintu bagi siapa pun yang ingin menyumbang buku bacaan untuk dipajang dalam angkot lainnya.

"Semoga gemar membaca ini tidak hanya terjadi pada penumpang di angkot suami saya. Kalau bisa, semua transporasi umum punya fasilitas buku bacaan untuk menambah wawasan dan pengetahuan," pungkas Elis.

Saat ini, foto suami Elis yang sedang menata buku di dalam angkot sudah lebih dari 1.400 orang yang menyukai. Bahkan, lebih dari 2.500 kali netizen terinspirasi serta melakukan posting ulang.


(NIN)