Wagub Jabar Minta Perusahaan Listrik Peka Wilayah Sekitar

Ahmad Rofahan    •    Minggu, 30 Jul 2017 17:43 WIB
proyek pltu
Wagub Jabar Minta Perusahaan Listrik Peka Wilayah Sekitar
Wagub Jabar Deddy Mizwar (dua dari kanan) saat meninjau PLTU Cirebon Power di Cirebon, Minggu, 30 Juli 2017. (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, meminta perusahaan listrik atau pembangkit listrik untuk memperhatikan ketersediaan listrik di wilayah sekitar.

Karena menurutnya, saat dia melakukan kunjungan ke dua pembangkit listrik di Jawa Barat, ternyata daerah sekitarnya masih belum teraliri listrik. “Ini bisa membuat konflik sosial,” kata Deddy saat melakukan kunjungan ke PLTU Cirebon Power di Cirebon, Minggu, 30 Juli 2017.

Ia menceritakan, dua tahun lalu ia mengunjungi salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Jabar. Namun ia mengaku miris karena ternyata wilayah sekitarnya malah belum teraliri listrik. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ia meminta perusahaan pembangkit listrik maupun PLN, lebih peka mengenai masalah tersebut.

“Kepekaan dari PLN maupun perusahaan pembangkit listrik terhadap kondisi sekitar, perlu ditingkatkan,”kata Deddy.

Di akhir kunjungan, Deddy Mizwar menyatakan dukungan pada upaya penyediaan sumber energi yang bisa tetap menjaga kelestarian ligkungan. Menurutnya, kebutuhan listrik di Jabar sangat tinggi, karena sebagian besar perusahan manufaktur terdapat di Jabar. Selain itu, jumlah penduduk yang tinggi juga.

“Penyediaan sumber energi listrik sangat vital dan strategis. Namun dengan catatan harus tetap ramah lingkungan. Cirebon Power dengan tingkat emisi yang sangat rendah, juga dengan energi yang dihasilkan optimal, ini jadi sangat menarik,” ujar Deddy.

Saat ditanyai wartawan tentang polemik tata ruang yang sempat menjegal proses pembangunan pembangkit listrik unit 2 Cirebon Power, Deddy menyatakan bahwa tantangan itu bisa diakomodir dalam revisi Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).


(SAN)