Ratusan Domba tak Cukup Umur Dijual di Bandung

Roni Kurniawan    •    Senin, 21 Aug 2017 15:45 WIB
idul adha
Ratusan Domba tak Cukup Umur Dijual di Bandung
Foto ilustrasi. (Media Indonesia/Tosiani)

Metrotvnews.com, Bandung: Lebih dari seratus ekor domba belum cukup umur ditemukan akan dijual di Kota Bandung, Jawa Barat. Domba-domba itu tidak memenuhi persyaratan kurban.

Ratusan domba tidak layak kurban tersebut ditemukan tim satuan petugas (satgas) pemeriksa hewan kurban dari Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung dalam kurun waktu sekitar lima hari sejak 16-21 Agustus 2017. 

"Sejauh ini kami menemukan 120 ekor domba tidak laik kurban, karena belum cukup umur setelah dilakukan pemeriksaan," ujar Kabid Peternakan Dispangtan Kota Bandung Galih Pra Asih di kantornya, Jalan Arjuna, Kota Bandung, Senin 21 Agustus 2017.

Galih mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan sebanyak 1.273 ekor sapi dan 822 ekor domba selama lima hari. Tempat pemeriksaan mayoritas dilakukan di kawasan Bandung Timur, sebab daerah tersebut telah marak penjual hewan kurban baik sapi ataupun domba.

"Sebagian besar hewan kurban yang tidak laik jual itu ada di Mandalajati, Kiaracondong, dan Rancasari. Domba-domba itu tidak diberikan kalung sehat karena belum cukup umur," ucap Galih.

Galih mengimbau pedagang tidak menjual hewan kurban yang tidak laik. Sebaliknya, masyarakat diminta pandai memilih sebelum membeli hewan kurban.

"Hewan kurban yang laik jual kami kasih kalung sehat. Sementara yang tidak laik, kami tidak pasang kalung itu. Kami juga minta tidak dijual. Jadi masyarakat juga harus pintar," pungkasnya.


(SAN)