Dispantan Bandung Melepas Tim Satgas Pemeriksa Hewan Kurban

Roni Kurniawan    •    Rabu, 16 Aug 2017 11:00 WIB
idul adha
Dispantan Bandung Melepas Tim Satgas Pemeriksa Hewan Kurban
Petugas saat memeriksa kesehatan sapi kurban -- ANT/Adeng Bustomi

Metrotvnews.com, Bandung: Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantan) Kota Bandung melepas dua Tim Satgas Pemeriksa Hewan Kurban, yakni tim antemortem dan postmortem. Tim bertugas memastikan hewan kurban di Bandung dalam kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi masyarakat setelah dipotong.

"Tim antemortem bertugas memeriksa kesehatan hewan kurban sebelum dipotong. Ini akan bergerak mulai sekarang sampai H-1 (Iduladha). Kalau tim postmortem akan bergerak selama tiga hari, dimulai pada hari H, untuk memastikan daging hewan kurban tidak terkena penyakit," kata Kadispantan Kota Bandung Elly Wasliah di kantornya, Jalan Arjuna, Bandung, Jawa Barat, Rabu 16 Agustus 2017.

Elly menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan 35.000 kalung sehat. Kalung tersebut akan dipakaikan ke hewan kurban yang telah diperiksa dan dipastikan sehat.

Pelepasan Tim Satgas Pemeriksa Hewan Kurban diwarnai sapi yang mengamuk. Suasana khidmat mendadak berubah menjadi ricuh ketika seorang petugas hendak memeriksa kondisi sapi yang akan dijual untuk kurban.

Meski sudah dipegang empat orang, amukan sapi seberat 1 kuintal itu tak bisa ditahan. Petugas yang hendal memeriksa tak bisa menghindar, sehingga terbentur ke tiang besi dan masuk ke selokan di halaman kantor Dispantan.

Petugas yang menjadi korban amukan sapi kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Ia mengalami lebam pada bagian punggung.


(NIN)