Pilgub Jabar 2018

Partai atau Independen, Ridwan Kamil: Dua-duanya masih Dikejar

Benny Bastiandi    •    Minggu, 16 Apr 2017 12:36 WIB
pilkada 2018
Partai atau Independen, Ridwan Kamil: Dua-duanya masih Dikejar
Kehadiran Ridwan Kamil di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, MI - Benny Bastiandy

Metrotvnews.com, Sukabumi: Ridwan Kamil terus bergerak menggalang dukungan untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Meski demikian, Emil, demikian ia biasa disapa, belum memikirkan jalur yang akan menjadi 'perahu' nya maju dalam Pilgub.

Emil tampaknya tak mau pusing soal jalur yang akan ia gunakan, partai politik atau independen. Sebab, ia masih fokus menyosialisasikan dirinya sebagai bakal kandidat.

"Saat ini masih proses sosialisasi. Karena tak semua warga Jawa Barat mengetahui saya secara langsung," ungkap Emil yang masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung, Jabar, itu dalam sebuah kegiatan di Sukabumi, Minggu 16 April 2017.

Emil mengatakan ia mendapat undangan dari komunitas berbagai kota dan kabupaten di Jabar. Ia pun memanfaatkan undangan itu untuk bersosialisasi sekaligus bersilaturahmi.

Mengenai dukungan, ayah dua anak itu mengaku tak pernah mengatur atau men-setting. Ia menegaskan dukungan itu terjadi secara alami dan inisiatif warga.

"Saya jadi terharu atas dukungan itu dan mengucapkan banyak terima kasih," ujar suami dari Atalia Kamil itu.

Emil juga masih belum memikirkan partai yang bisa digandeng untuk mendukungnya. Baru Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang mendeklarasikan dukungan untuk Emil. Meski demikian, Emil juga masih membuka kesempatan bila harus melaju dari jalur independen.

Baca: Surya Paloh Deklarasikan Ridwan Kamil sebagai Cagub Jabar

"Dua-duanya (partai politik maupun independen) masih dikejar," ungkap Emil.

Sementara itu Ketua DPD Partai NasDem Sukabumi, Mulyono, mengatakan seluruh pengurus, kader, dan simpatisan siap memenangkan Emil. Saat ini, partai tengah membuka komunikasi politik untuk memperkuat perolehan suara.

Mulyono mengatakan NasDem baru memiliki satu kursi di DPRD Kota Sukabumi dan dua kursi di DPRD Kabupaten Sukabumi. Lantaran itu Mulyono berharap kedatangan Emil ke Sukabumi membuka peluang komunikasi politik.

"Kehadiran pak Ridwan Kamil ke Kota Sukabumi mudah-mudahan bisa menjadi aura positif," tukasnya.

Mulyono menilai sosok Emil terbilang popular. Rekam jejak Emil bisa menjadi modal untuk maju dalam Pilgub Jabar.

"Dengan begitu, mudah-mudahan saja bisa mengerek elektabilitasnya," tandas Mulyono. 


(Benny Bastiandy/BB)


(RRN)