Kontrak Kerja Sudah Habis, Enam TKI Masih Ditahan Majikan di Arab Saudi

Apit Haeruman    •    Selasa, 28 Apr 2015 13:04 WIB
tkipenyekapan
Kontrak Kerja Sudah Habis, Enam TKI Masih Ditahan Majikan di Arab Saudi
Keluarga memperlihatkan foto TKW yang masih ditahan majikan di Arab Saudi, Metrotv/ Apit Haeruman

Metrotvnews.com, Sukabumi: Enam tenaga kerja asal Sukabumi, Jawa Barat, masih berada di Arab Saudi. Mereka ditahan majikan masing-masing padahal masa kontrak kerja keenamnya sudah habis dua tahun lalu.

Satu di antara mereka yaitu Hindun binti Jamron asal Kecamatan Sagaranten. Keluarga mendatangi kantor Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) di Sukabumi. Mereka melaporkan nasib Hindun yang tak diizinkan pulang ke Tanah Air oleh majikannya.

Hindun berangkat ke Arab Saudi pada 2007. Namun hingga berita ini dimuat, Selasa 28 April, Hindun belum pulang. Sang majikan pun belum membayar gaji Hindun. Dokumen Hindun pun dipegang majikannya.

"Setelah empat tahun, masa kontrak habis, tidak dipulangkan," kata Deden Herwandi, kerabat Hindun.

Deden mengatakan keluarga meminta pemerintah membantu memulangkan Hindun. Hak-hak Hindun selama bekerja di Arab Saudi pun diberikan.

Menurut Deden, komunikasi terakhir dengan Hindun berlangsung pada pertengahan April 2015. Secara fisik, kata Deden, Hindun mengaku sehat. Namun ia sangat ingin segera pulang berkumpul lagi bersama keluarganya.

Ketua SBMI Sukabumi Jejen Nurjanah mengatakan akan melaporkan kejadian itu ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan BNP2TKI. Selain Hindun, Jejen mengaku mendapat informasi lima tenaga kerja wanita (TKW) yang bernasib serupa di Arab Saudi. Kelima orang itu yaitu Dewi Sinta, warga Kecamatan Sagaranten; Entin Kartini, warga Kecamatan Caringin; Eva Kusmiati, Lilis, dan Sutirah binti Duloh, warga Kecamatan Warung Kiara.
 


(RRN)