PAN Hormati Putusan PPP Dukung Emil

Roni Kurniawan    •    Rabu, 25 Oct 2017 13:19 WIB
pilgub jabar 2018
PAN Hormati Putusan PPP Dukung Emil
Ketua Harian DPW PAN Jabar Hasbullah Rahmad -- istimewa

Metrotvnews.com, Bandung: Upaya Partai Amanat Nasional (PAN) berkoalisi dengan PPP bersama poros baru kandas. PPP memutuskan mendukung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat 2018.

"DPP PPP memutuskan mendukung Ridwan Kamil. Buat kami, keputusan itu harus dihormati," kata Ketua Harian Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN Jabar Hasbullah Rahmad di Bandung, Rabu 25 Oktober 2017.

(Baca: Ridwan Kamil Pemegang Tiket Pertama Cagub PPP)

Hasbullah mengatakan, PPP memang pernah berkomunikasi dengan poros baru, yakni Gerindra dan Demokrat. Komunikasi yang dilakukan PPP selama ini bersama poros baru bertujuan menemukan kesamaan visi dan misi untuk mencari kandidat yang akan diusung di pilgub Jabar.

Namun, lanjut Hasbullah, pihaknya tidak bisa memaksakan kehendak agar PPP tetap di poros baru. Terlebih, keputusan arah politik berada di tangan pusat.

"Bagi kami di PAN, sebuah dinamika politik itu sah saja. Kita paham, bu Ade (Ketua DPW PPP Jabar Ade Munawaroh Yasin) dalam konteks ketua wilayah PPP tentu baik berkomunikasi dengan kami," urainya.

(Baca: PAN tak Sodorkan Wakil untuk Deddy Mizwar)

Menurut Hasbullah, PAN telah memutuskan untuk mendukung Deddy Mizwar sebagai calon gubernur Jabar. Tapi, PAN tidak akan menyodorkan kadernya sebagai calon wakil gubernur mendampingi Deddy.

PAN saat ini hanya mempunyai empat kursi di legislatif. Hal itu menjadi landasan bagi PAN untuk tidak mengajukan kadernya menjadi calon wakil gubernur dan menyerahkan kepada partai koalisi yang sama memberikan dukungan terhadap Deddy Mizwar.

Sebelumnya, PPP secara resmi menyatakan mengusung Ridwan Kamil di pilgub Jabar 2018. Dengan dukungan PPP, pria yang akrab disapa Emil ini dipastikan melenggang sebagai calon gubernur Jabar. Emil memenuhi syarat pencalonan kursi DPRD setelah sebelumnya juga mendapat restu dari Partai NasDem dan PKB.

 


(NIN)