Puluhan Kereta Sempat Menumpuk di Sejumlah Stasiun

Ahmad Rofahan    •    Minggu, 15 Oct 2017 16:48 WIB
kereta api
Puluhan Kereta Sempat Menumpuk di Sejumlah Stasiun
Ilustrasi -- MI/Bary Fathahilah

Metrotvnews.com, Cirebon: Puluhan kereta api sempat menumpuk di sejumlah stasiun, mulai dari Stasiun Cikampek, Karawang hingga Stasiun Tanjung, Brebes. Penumpukan tersebut disebabkan truk tronton pengangkut crane yang mogok tepat di tengah perlintasan rel antara Stasiun Pringkasap dan Pasirbungur, Subang, Jawa Barat.

"Hampir setiap stasiun, mulai dari Cikampek hingga Tanjung, ada kereta yang tertahan," kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro, Minggu 15 Oktober 2017.

Menurut Kris, di setiap stasiun minimal ada dua kereta tertunda perjalanannya. Jumlah kereta yang tertunda tergantung perlintasan yang dimiliki oleh stasiun.

"Kalau ada perlintasannya tiga, kami hanya bisa menumpuk dua kereta di situ," kata Kris.

(Baca: Perjalanan Kereta Cirebon Terhambat Gara-gara Truk Mogok)

Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab atas keterlambatan yang terjadi, PT KAI memberikan service recovery berupa makanan dan minuman ringan kepada penumpang. Pelayanan tersebut berlaku bagi penumpang yang mengalami keterlambatan hingga tiga jam.

Sebelumnya, sebuah truk tronton pengangkut crane mogok tepat di tengah perlintasan rel antara Stasiun Pringkasap dan Pasirbungur dini hari tadi. Akibatnya, seluruh perjalanan kereta baik dari dan menuju Cirebon terhambat.

Evakuasi truk sulit lantaran crane tidak dapat dioperasikan. Perusahaan crane terdekat pun dihubungi untuk menarik truk nahas tersebut.

Truk baru bisa dievakuasi sekira pukul 10.10 WIB. Namun, kecepatan kereta belum bisa maksimal walaupun rel sudah bisa dilintasi.

(Baca: Dua Jalur Kereta di Subang Sudah Bisa Dilintasi)


(NIN)