Bandung Ditunjuk Jadi Kota Edukasi Pengelolaan Sampah

Roni Kurniawan    •    Senin, 22 Jan 2018 12:00 WIB
kementerianhari peduli sampah nasional
Bandung Ditunjuk Jadi Kota Edukasi Pengelolaan Sampah
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya -- Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan kegiatan `Edukasi Pengelolaan Sampah` kepada Anak-anak sekolah di Plaza Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu, 21 Januari 2018. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 dengan tema `Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah`.

Kegiatan edukasi tersebut melibatkan 1.500 pelajar di Bandung. Kota Kembang memang ditunjuk Kementrian LHK sebagai kota pertama untuk mensosialisasikan edukasi pengelolaan sampah.

"Kita tunjuk Bandung karena kita lihat Bandung semakin bersih dan semakin indah. Banyak taman-taman terbuka, sungainya juga mulai bersih," kata Menteri LHK Siti Nurbaya.

Siti mengatakan, gerakan edukasi pengelolaan sampah adalah upaya untuk memanfaatkan sampah. Banyak sampah bisa didaur ulang dan digunakan untuk berbagai keperluan.

"Masyarakat Bandung ini kreatif. Saya lihat tadi ada yang menbuat baju, tas, dan taplak meja. Ini contoh yang baik, karena tidak semua sampah harus dibuang," tutur Siti.

Bandung, lanjut Siti, diharapkan menjadi kota percontohan dalam sisi pengelolaan sampah. Terlebih, Bandung adalah salah satu kota wisata yang diminati wisatawan, baik domestik maupun asing.

"Bandung terkenal bukan hanya di Jakarta, tapi di seluruh dunia. Jadi, ayo kita mulai dari Bandung untuk kelola sampah," pungkasnya.


(NIN)