Program KKN Mahasiswa Jabar-DKI di Citarum Diluncurkan

Roni Kurniawan    •    Kamis, 03 May 2018 19:31 WIB
pencemaran lingkungan
Program KKN Mahasiswa Jabar-DKI di Citarum Diluncurkan
Peluncuran program KKN mahasiswa di Jabar-DKI di Citarum, Bandung, Jawa Barat, Medcom.id - Roni

Bandung: Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meluncurkan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Citarum Harum sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah di sungai terpanjang di Jawa Barat itu. Program tersebut diluncurkan di Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Kamis 3 Mei 2018.

Melalui program tersebut, mahasiswa yang menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Barat dan DKI Jakarta diajak untuk turun langsung guna menyelesaikan pencemaran di Sungai Citarum. 

"Bagaimana Citarum itu harus menjadi Citarum harum dan bersih kembali. Sungai yang memiliki panjang 297 kilometer dari hulu sampai hilir ini jadi masalah. Tidak hanya untuk warga Jabar tapi juga DKI. Maka dari itu kita mengajak para mahasiswa untuk ikut andil," ujar Nasir.

Nasir pun menugaskan semua rektor perguruan tinggi di Jabar dan DKI untuk ikut terlibat dalam penanganan Citarum. Termasuk mengajak mahasiswa untuk turun membantu langsung melalui program KKN tematik Citarum. 

"Seluruh rektor di Jabar dan perguruan tinggi di Jabar dan DKI kita koordinasikan. Nanti kami kapling dari hulu, tengah dan hilir untuk dalam menempatkan mahasiswa KKN," bebernya.

Nasir menuturkan, saat ini sebanyak 250 mahasiswa KKN dilepas ke lapangan. Bahkan setiap dua bulan sekali nantinya akan ada 250 mahasiswa untuk dilepas guna memastikan program KKN Tematik Citarum berjalan. 

"Nanti mereka akan menyebar dari hulu sampai hilir. Nanti akan dibuat klaster, dan juga setiap perguruan tinggi diberi tanggung jawab untuk memastikan mahasiswanya mengikuti program tersebut," pungkasnya.


(RRN)