Kemendikbud Harap 2019 Seluruh SMK Bisa Menyelenggarakan UNBK

Rizky Dewantara    •    Kamis, 05 Apr 2018 14:43 WIB
ujian nasional
Kemendikbud Harap 2019 Seluruh SMK Bisa Menyelenggarakan UNBK
Ilustrasi ujian nasional. (MI/Dwi Apriani)

Depok: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sambangi dua sekolah di Kota Depok, Jawa Barat, untuk melihat jalannya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) saat hari terakhir ujian untuk SMK. 

"Harapan kami, tahun 2019 seluruh SMK di Indonesia bisa menyelenggarakan UNBK," ucap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno, di Depok, Kamis, 5 April 2018. 

Dia mengklaim, untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMK di Jawa Barat sudah 100 persen terlaksana. Meskipun, kata Totok, sempat terkendala listrik yang padam. 

"Tapi sudah diatasi dengan genset di tiap sekolah," ujarnya. 

Kota Depok tercatat memiliki 80 SMK, tiga di antaranya berstatus negeri. Pihak Kemendikbud menyambangi dua SMK di Kota Depok, yaitu SMKN 1 Depok dan SMK Taruna Bhakti. 

"Kami hanya ingin memastikan proses UNBK berjalan lancar dan memberikan semangat kepada para siswa-siswi SMK untuk terus belajar," jelas Totok.

Ia menambahkan, dari 80 SMK di Kota Depok, jumlah SMK penyelenggara UNBK yang menumpang belum diketahui jumlahnya. Salah satunya di SMKN 1 Depok yang ditumpangi SMK lainnya. 

"Tapi intinya gini, numpang itu menjadi hal positif, adanaya interaksi gotong royong antara satu sekolah dengan sekolah lainya. Terlihat adanya kekompakan antar sekolah dan saling membantu," kata dia.


(LDS)