UNBK SMP di Kota Bandung Diklaim Lancar

Roni Kurniawan    •    Senin, 23 Apr 2018 13:20 WIB
ujian nasionalujian nasional smp
UNBK SMP di Kota Bandung Diklaim Lancar
Pelaksanaan UNBK di Kota Bandung, Jawa Barat. (Medcom.id/Roni K)

Bandung: Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana memastikan ujian nasional seluruh SMP di Kota Bandung berbasis komputer (UNBK) berlangsung lancar. Sebanyak 37.186 siswa mengikuti UNBK tingkat SMP di hari pertama, Senin, 23 April 2018.

"Ada sebanyak 159 sekolah melaksanakan UNBK Mandiri artinya di sekolah masing-masing dengan jumlah siswa 22.515 orang. Terus juga sebanyak 86 sekolah masih bergabung termasuk meminjam fasilitas SMA/SMK dengan jumlah siswa 14.671 orang," kata Elih di SMP Negeri 2, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Senin 23 April 2018.

Namun, Elih mengaku, terdapat tiga siswa harus melaksanakan UN di rumah sakit. Berdasarkan peraturan, para siswa yang melaksanakan UN dilakukan secara manual dengan kertas dan pensil.

"Di RS Sartika Asih satu orang, di RSHS satu orang, dan di Borromeus satu orang," sambung Elih.

Akan tetapi secara keseluruhan, lanjut Elih, pelaksanakan UNBK pada hari pertama berjalan lancar. Pengawasan pun diakui Elih dilakukan secara maksimal guna tidak terjadinya saling mencontek antara para peserta UNBK.

"Tadi Alhamdulillah teknis lancar, anak-anak juga lebih siap. Pengawasan juga aman, kemungkinan contek mencontek juga minim," tuturnya.

Sementara itu, sebagai penunjang utama pelaksanaan UNBK, Disdik Kota Bandung pun telah menyerahkan 5.040 laptop dan 200 peladen internet ke beberapa sekolah SMP. 

"Tahun lalu Kota Bandung belum dapat menyelenggarakan 100 persen UNBK, tapi alhamdulillah tahun ini Kota Bandung 100 persen melaksanakan UNBK," tegasnya.


(LDS)