Polda Jabar Mempertebal Pengamanan

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 12 Jul 2017 12:39 WIB
terorisme
Polda Jabar Mempertebal Pengamanan
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus -- MI/Budi Mulya

Metrotvnews.com, Bandung: Polda Jabar mengklaim telah memetakan sejumlah tempat umum dan markas kepolisian yang diduga menjadi fokus penyerangan pelaku teror.

"Ini kita lakukan sesuai instruksi Kapolda agar memetakan lokasi rawan teror," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus di Bandung, Jabar, Rabu 12 Juli 2017.

Yusri menjelaskan, pengaman untuk markas Kepolisian di wilayah hukum Polda Jabar juga ditingkatkan untuk mengantisipasi adanya serangan maupun teror. "Pengamanan di markas komando kita pertebal dan giat patroli berlapis juga kita lakukan. Selain itu, polisi berpakaian preman juga diefektifkan semaksimal mungkin guna memantau kamtibnas," bebernya.

Selain itu, Polda Jabar secara preentif menurunkan seluruh unit Binmas untuk selalu memberikan bimbingan kepada masyarakat. Fungsi intelijen juga digunakan untuk memantau dan mendeteksi kemungkinan dan kerawanan aksi teror.

"Secara preventif, patroli skala besar dipertebal, terutama di tempat keramaian dan juga pada jam rawan," paparnya.

Yusri mengakui, beberapa wilayah Jawa Barat menjadi tempat penangkapan Tim Densus Mabes Polri. "Seperti di Bekasi, Tasikmalaya, Cirebon, Jatiluhur, hingga Bandung. Tapi, yang perlu diwaspadai adalah adanya pembentukan sel-sel JAD, ini yang harus di cegah," tandasnya.

Menurut Yusri, pengawasan dan pemantauan terkait hal tersebut terus dilakukan hingga menyasar jaringan teroris yang menggunakan sarana internet. "Kita punya patroli Tim Cyber yang terus menelusuri para teroris yang mencoba membuat teror lewat dunia maya," pungkasnya.


(NIN)