Pemerintah Jamin Keamanan Peserta Ekspedisi NKRI di Papua

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 21 Jul 2017 13:35 WIB
ekspedisi nkri
Pemerintah Jamin Keamanan Peserta Ekspedisi NKRI di Papua
Menteri Koordinator PMK Puan Maharani memimpin upacara pelepasan peserta Ekspedisi NKRI 2017 ke Papua bagian selatan, MTVN - Octavianus

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah menjamin keamanan peserta Ekspedisi NKRI tahun 2017 di Papua. Empat bupati di wilayah selatan Papua bakal mengawal keamanan dan keselamatan peserta ekspedisi.

Adapun empat kepala daerah yaitu Bupati Boven Digul, Merauke, Asmat, dan Mavi. Peserta ekspedisi berada di lokasi hingga Oktober 2017.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani, menggandeng polisi dan TNI untuk mengawal peserta ekspedisi. Termasuk, menghindarkan gangguan keamanan dari kelompok bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Kami juga didukung aparat keamanan terutama Kopassus. Kami harapkan pasukan khusus TNI ini, bisa membuka jalan bagi peserta. Selain menyerap ilmu dan menemukan spesies flora, fauna, serta budaya, keselamatan mereka pun tetap terjaga," ungkap Puan dalam keterangan pers usai apel pelepasan peserta ekspedisi di Jalan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat 21 Juli 2017.

Puan menjelaskan peserta ekspedisi akan menjelajahi hutan, gunung, rawa, laut, sungai, dan pantai. Mereka berangkat dari Jakarta pada 3 Agustus 2017 dengan menaiki kapal menuju Papua. Program tersebut berakhir pada 28 Oktober, tepat di peringatan Hari Sumpah Pemuda.

"Para peserta juga akan melalukan penelitian kerusakan hutan, geologi, potensi bencana, flora dan fauna, serta sosial budaya juga pengabdian terhadap masyarakat setempat," bebernya.

Menurut Puan, kegiatan itu pun bertujuan memberikan teladan pada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam, meningkatkan akses perhubungan komunikasi, serta perekonomian.

Puan berharap program itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab peserta bertugas meneliti potensi dari sumber daya alam dan manusia untuk mengembangkan kesejahteraan.

Kegiatan itu merupakan program ketujuh dari Ekspedisi NKRI. Kegiatan itu diselenggarakan Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Pada 2011, Kementerian melepas peserta ekspedisi yang bertugas di Bukit Barisan, wilayah Sumatera. Setahun kemudian, ekspedisi digelar di Kalimantan.

Ekspedisi kembali digelar pada 2013 di Sulawesi; Maluku Utara pada 2014; dan Papua Barat, Nusa Tenggara, serta Bali di 2016.


(RRN)