Museum Kepresidenan Gelar Pameran Temporer Sambut Asian Games

Rizky Dewantara    •    Senin, 21 May 2018 08:01 WIB
asian games 2018
Museum Kepresidenan Gelar Pameran Temporer Sambut Asian Games
Suasana di Pameran Temporer Asian Games yang bertema " Dua Presiden RI Tuan Rumah Asian Games 1962-2018" di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti di Jalan Juanda, Kota Bogor, minggu (20/5). MEDIA INDONESIA Koresponden/ Dede Susanti.

Bogor: Museum Kepresidenan RI Balai Kirti di Bogor membuka pameran temporer dengan tema Dua Presiden RI Tuan Rumah Asian Games 1962-2018. Pembukaan dilakukan pada Minggu, 20 Mei 2018 bertepatan dengan perayaan Hari Kebangkitan Nasional.

Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Amurwati Dwi Lestariningsih mengatakan, pameran temporer Asian Games 2018 ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi museum untuk menyambut kemeriahan Asian Games yang digelar Oktober nanti.

"Pembukaan kami pilih pada 20 Mei karena bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, selain itu juga untuk memperingati empat tahun berdirinya museum," kata Amurwati di lokasi.

Amurwati menjelaskan, pada pameran ini ditampilkan perubahan yang terjadi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dari pertama dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dan direnovasi oleh Presiden Joko Widodo.

Renovasi tersebut dilakukan untuk menyambut perhelatan Asian Games.

"Tema dua presiden ini sengaja diambil mengingat pada tahun 2018 ini Indonesia kembali mendapat kehormatan menjadi tuan rumah acara olahraga internasional. Sementara yang pertama terjadi di tahun 1962 pada masa Presiden Soekarno," ungkap Amurwati.

Amurwati menambahkan, pemikiran dua presiden ini juga dijadikan sebagai objek pameran temporer Asian Games 2018. Ditampilkan foto-foto, patung, maket, video, hingga buku yang mengulas mengenai SUGBK lebih dalam.

"Harapan kami dengan pameran ini mampu mendorong masyarakat untuk antusias mencintai sejarah melalui belajar langsung dan melihat objeknya," pungkas Amurwati.


(DEN)