Pemprov Jabar Juga akan Menata Kali Ciliwung

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 27 Sep 2018 20:07 WIB
normalisasi sungainormalisasi ciliwung
Pemprov Jabar Juga akan Menata Kali Ciliwung
Dua orang anak bermain di atas besi saluran air di Jalan Inspeksi Kali Ciliwung, Jakarta, Rabu (5/9). FOTO: MI/ BARY.

Depok: Pemerintah Provinso Jawa Barat tidak hanya fokus menata sungai Kalimalang dan Citarum. Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pihaknya juga fokus menata Kali Ciliwung.

"Sudah masuk dalam konsep penataan Sungai Ciliwung Depok karena kan air sangat melingkupi semua wilayah ya," kata Uu di kawasan Cimanggis, Jalan Raya Bogor, Depok, Jawa Barat, Kamis, 27 September 2018.

Uu menjelaskan, pembahasan mengenai penataan sungai Ciliwung sudah dilakukan dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC).

Menurut Uu, sebelum berbicara penataan, alangkah baiknya terlebih dahulu memikirkan bagaimana kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai.

"Kita mulai dari sadarkan dahulu nih masyarakatnya untuk tidak buang sampah sembarangan, lalu kita lihat sodetan-sodetan yang ada di sungai ini," beber Uu.

Saat ditanya mengenai anggaran dana yang nantinya bisa digunakan untuk pembenahan Ciliwung UU, menegaskan Pemerintah Provinsi Jabar siap dan tidak ada masalah.

"Siap dong kita siap keluarkan anggarannya buat Depok itu memang sudah dianggarkan. Nanti kita lihat dulu sodetan-sodetan ya seperti apa, teknisnya dari BPASDA," tandas Uu.


(DEN)