Ridwan Kamil Hubungi Guru yang Dipecat di Bekasi

Antonio    •    Sabtu, 30 Jun 2018 16:52 WIB
pilkada 2018
Ridwan Kamil Hubungi Guru yang Dipecat di Bekasi
Suasana di rumah Robiatul Adawiyah, guru yang dipecat dari sekolahnya di Bekasi, Sabtu, 30 Juni 2018, Medcom.id - Antonio

Bekasi: Calon gubernur Ridwan Kamil (RK) menghubungi Robiatul Adawiyah, guru yang dipecat dari tempatnya bekerja di Kota Bekasi, Jawa Barat. Pemecatan diduga lantaran Robiatul menyatakan dukungannya pada RK dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat yang digelar pada Rabu, 28 Juni 2018.

Hal itu disampaikan Eli Suhaili, ayah dari Robiatul, saat ditemui di rumahnya di Kampung Cakung, Kelurahan Jatisari, Kota Bekasi. Namun Eli tidak tahu apakah RK yang menghubungi putrinya atau utusan. Eli juga enggan menyebutkan isi pembicaraan utusan RK dengan putrinya.

"Pembicaraan dengan sambungan telepon kemarin malam," ujar Eli di rumahnya, Sabtu, 30 Juni 2018.

Terkait kabar pemecatan putrinya, Eli mengatakan ia dan keluarga tak mempermasalahkan. Putrinya pun tak mau kembali mengajar di sekolah tersebut.

Sebelumnya, Robbiatul mengajar sekaligus Wali Kelas II SDIT Darul Maza yang berlokasi di Jalan Gapin Jatisari, Kota Bekasi, sejak tiga tahun lalu. Sebagai warga Jabar, ia menggunakan hak suaranya dalam Pilgub Jabar 2018.

Robbiatul membenarkan dugaan pemecatan itu setelah informasinya viral di media sosial. Namun pada Jumat pagi, 29 Juni 2018, pihak sekolaj dan yayasan mendatanginya.

Pihak sekolah menyatakan perdamaian. Sekolah juga meminta dirinya kembali bekerja di sekolah tersebut.

Tri, perwakilan guru SDIT Darul Maza mengatakan tak ada pemecatan. Ia mengatakan itu sebagai kesalahpahaman.

Sementara itu, dari akun Instagram, Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih pada dukungan yang diberikan Robiatul padanya dalam Pilgub Jabar 2018. Wali Kota Bandung itu tak menduga pilihan Robiatul memiliki konsekuensi. 

RK mengaku menghargai Robiatul dengan memaafkan mereka dalam pemecatan itu. Padahal mereka melanggar hak asasi. Kebaikan hati Robiatul, tulis RK, menjadi contoh dan teladan.

"Insyaallah nanti saya sepenuh hati bantu untuk mencarikan ibu pekerjaan di tempat yang ibu nyaman lahir batin. Hatur nuhun pisan untuk pengorbanannya. Cerita ibu ini tidak akan pernah saya lupakan. Dan menjadi penyemangat agar saya selalu amanah dan menjaga kepercayaan mereka yang berkorban untuk keyakinannya menitipkan mimpinya kepada saya. Hatur Nuhun," tulis Ridwan Kamil dalam akun di Instagramnya, sekitar 24 jam sebelum berita ini ditulis. 

Lihat video:




 


(RRN)