Lima Maskapai Siap Angkut Penumpang ke BIJB Kertajati

Roni Kurniawan    •    Selasa, 05 Jun 2018 16:37 WIB
penerbangan
Lima Maskapai Siap Angkut Penumpang ke BIJB Kertajati
Suasana di ruang check in pesawat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Kamis 24 Mei 2018, Ant - M Agung Rajasa

Bandung: Penerbangan komersil di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar, dimulai pada Jumat, 8 Juni 2018. Sebanyak lima penerbangan komersil siap mengangkut penumpang mendarat di BIJB saat arus mudik Idulfitri 1439 Hijriah.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan pengelola bandara sedang merumuskan harga tiket penerbangan dari BIJB ke beberapa tujuan. Hingga berita ini dimuat, Selasa, 5 Juni 2018, baru satu maskapai yang merilis harga tiket.

"Sudah ada lima (maskapai komersil) yang siap jalan, salah satunya Citilink yang harganya sudah dipublish," kata Iwa di Bandung.

Iwa mengaku belum mengetahui secara detail terkait harga tiket yang ditetapkan setiap maskapai komersil yang datang atau pergi dari Kertajati. Namun, Iwa memastikan Kertajati siap digunakan untuk arus mudik lebaran tahun ini. 

Sementara itu untuk sarana transportasi penunjang dari berbagai daerah, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan bus Damri serta angkutan antarkota dan provinsi yang melintasi Majalengka untuk singgah ke Kertajati.

"Sedang dipersiapkan, jadi dulu bandaranya, lalu nanti transportasi lainnya menyusul. Jadi nanti mutlak harus siap semuanya," sambungnya.

Bahkan Iwa menggagas Kertajati akan terhubung dengan kereta api dari beberapa daerah guna memudahkan calon penumpang. Hal itu akan dirumuskan bersama PT KAI termasuk penyediaan jalur menuju Kertajati salah satunya dari Bandung.

"Nanti dikembangkan kereta api langsung ke sana," pungkasnya.


(RRN)