Ratusan Warga Sumedang Mengungsi karena Takut Longsor Susulan

Jaenal Mutakin    •    Kamis, 22 Sep 2016 13:19 WIB
longsor
Ratusan Warga Sumedang Mengungsi karena Takut Longsor Susulan
Ketua DPRD Jabar berbicara dengan warga Sumedang yang mengungsi karena khawatir longsor susulan, MTVN - Jaenal Mutakin

Metrotvnews.com, Bandung: Longsor di Sumedang, Jawa Barat, mengakibatkan 722 warga mengungsi ke Gedung Olah Raga (GOR) Tadjimalela. Warga khawatir longsor kembali terjadi mengancam keselamatan mereka.

Para pengungsi berasal dari Desa Ciherang dan Pasanggrahan Baru. Mereka mengungsi ke GOR Tadjimalela yang berjarak kurang lebih 2,5 Km dari lokasi bencana.

Ahmad Kosasih, 50, mengaku ia mengungsi bersama istri dan tiga anaknya. Ia takut kembali ke rumah karena berlokasi di area perbukitan.

"Sekitar rumah saya sudah ada tiga rumah yang tertimbun longsor. Jadi lebih baik kami  mengungsi karena takut ada longsor susulan, apalagi hujan terus sieun kabawa longsor (Takut terbawa longsor)," kata Ahmad ditemui di GOR Tadjimalela, Kamis (22/9/2016).


(Ketua DPRD Jabar mendatangi warga korban longsor di Sumedang, MTVN - Jaenal Mutakin)

Ahmad mengatakan tak membawa banyak barang. Mereka takut kembali ke rumah untuk menyemalatkan barang berharga lain.

"Untung di pengungsian ada makanan, kasur, selimut, dan obat-obatan," lanjutnya.

Ahmad bercerita, dua hari lalu, hujan turun sejak sore. Ia bersama keluarga dan beberapa tetangga pun meninggalkan rumah. Mereka mengungsi ke rumah tetangga yang aman dari ancaman longsor.

Ketakutan pun menjadi kenyataan. Selasa malam, longsor menerjang. Material longsor menimbun sejumlah rumah di dua desa di Sumedang.

Ketua DPRD Provinsi Jabar Ineu Purwadewi Sundari mendatangi pengungsi. Ia meminta pemerintah kabupaten mengantisipasi bencana susulan mengingat longsor merenggut nyawa tiga korban.

Baca: Longsor di Sumedang, Tiga Tewas

"Mudah-mudahan tidak ada korban jiwa lagi, Ini untuk mengantisipasi," kata Ineu di lokasi kunjungan.

Berikut video berita longsor di Sumedang:
 


(RRN)