Kota Bandung Buat Komunitas untuk Antisipasi Banjir

Roni Kurniawan    •    Selasa, 16 Oct 2018 19:38 WIB
musim hujanbantuan
Kota Bandung Buat Komunitas untuk Antisipasi Banjir
Camat Panyileukan, Hamdani, saat berdiskusi mengenai antisipasi banjir di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 16 Oktober 2018. Medcom.id/ Roni Kurniawan.

Bandung: Menjelang musim hujan, Pemerintah Kota Bandung mengantisipasi banjir terutama untuk wilayah Kota Bandung bagian Timur. Kawasan ini merupakan dataran terendah bekas Cekungan Danau Bandung Purba dan kerap dilanda genangan atau banjir. 

Camat Panyileukan, Hamdani mengatakan jika pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi banjir. Selain mengandalkan tol air Cinambo dan danau retensi di wilayah Gedebage, kini Kecamatan Cinambo memiliki komunitas bernama Dona Safitri.

"Komunitas Dona Safitri alias donasi untuk sungai Cisalatri ini terdiri dari 14 RW atau sekitar 17.000 orang warga Cipadung Kidul. Tujuannya untuk menjadikan sungai bisa berfungsi sebagaimana mestinya," kata Hamdani di Balai Kota Bandung, Jawa Barat, 16 Oktober 2018.

Hamdani menjelaskan, pembentukan komunitas itu tidak lepas dari kejadian banjir yang menimpa 12 dari 14 RW di kelurahan tersebut pada 2016 silam. Sebagai cucu sungai Citarum, terdapat enam sungai yang bermuara ke sungai Cisalatri.

"Awalnya mendapat pertentangan dari warga. Tapi setelah kami yakinkan bahwa komunitas ini penting bagi penanganan banjir akhirnya warga pun sadar," ungkap Hamdani.

Hamdani menjelaskan, komunitas Dona Safitri telah berkolaborasi dengan jurig cai dan pasukan katak dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Bahkan sampai mendatangkan alat berat untuk mengurangi sedimentasi.

Di samping upaya tersebut, pihaknya juga mengajukan dua lokasi untuk menjadi danau retensi sebagai tempat penampungan air dan pengendali banjir.

Lokasi itu adalah 5 hektare di pintu masuk perumahan Bumi Panyileukan dan 7.000 meter persegi di ujung dekat perbatasan dengan kecamatan Gedebage.

"Sudah ada komunikasi antara komunitas warga dengan DPU dan Komisi B. Alhamdulillah direspon positif.. Mudah-mudahan Pemkot Bandung bisa merealisasikannya melalui dinas atau instansi terkait," pungkas Hamdani.

Kota Bandung sudah diguyur hujan dalam kurun waktu tiga hari terakhir. Kawasan Bandung Timur menjadi salah satu area yang kerap dilanda banjir di antaranya Gedebage, Panyileukan, dan Cinambo.


(DEN)