Menteri Yohana Pastikan Bantuan untuk Baiq Nuril

Hendrik Simorangkir    •    Selasa, 27 Nov 2018 18:39 WIB
pelecehan seksual
Menteri Yohana Pastikan Bantuan untuk Baiq Nuril
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Yohana Yembise saat mengunjungi PT Boosan Sarang, Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten. Medcom.id/Hendrik Simorangkir

Tangerang: Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Yohana Yembise menyatakan kementeriannya tetap mendampingi Baiq Nuril. Sebab, hal ini sudah menjadi tugas kementerian yang dipimpinnya.

"Baiq Nuril kami tetap melakukan pendampingan karena tugas kami adalah menangani pendampingan apakah itu psikososial atau trauma healing," ujar Yohana kepada Medcom.id di Cikupa, Kabupaten Tangerang, Selasa, 27 November 2018.

Dirinya telah meminta Biro Hukum Kementerian PPA untuk memberi perhatian kepada Baiq Nuril. Ia meminta biro hukum kementeriannya menangani kasus Nuril jika ada bukti lain dari Nuril mengenai indikasi pelecehan seksual.

"Termasuk memastikan bahwa Baiq Nuril ini dalam penanganan hukumnya bisa berjalan sebaik mungkin, jadi kami sedang koordinasi," katanya.

Dirinya juga tetap berkoordinasi dengan Kepala Dinas Provinsi NTB untuk penanganan dan pendampingan Nuril. "Kadis dan P2TP2A juga termasuk istri Gubernur sudah pada turun semua," ucapnya.

Kasus yang menimpa Baiq Nuril bermula saat ia bertugas di SMAN 7 Mataram, Nusa Tenggara Barat, dan kerap mendapatkan perlakuan pelecehan dari Kepala Sekolah SMAN 7 Mataram Muslim.

Muslim sering menghubunginya dan meminta Nuril mendengarkan pengalamannya berhubungan seksual dengan wanita lain yang bukan istrinya sendiri.

Merasa tidak nyaman, Baiq Nuril merekam pembicaraan dengan Muslim. Namun, rekaman itu menyebar. Muslim yang tak terima kemudian melaporkan Nuril dengan tuduhan pelanggaran Pasal 27 ayat (1) UU ITE.

Pengadilan Negeri Mataram memutus Nuril tidak terbukti menyebarkan konten yang bermuatan pelanggaran kesusilaan pada 26 Juli 2017. Jaksa Penuntut Umum mengajukan banding hingga tingkat kasasi dan Nuril dinyatakan bersalah.
 


(SUR)