DKI Jakarta Hibahkan Rp24 Miliar ke Depok

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 25 Oct 2018 16:21 WIB
apbd
DKI Jakarta Hibahkan Rp24 Miliar ke Depok
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Depok: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghibahkan Rp24 miliar ke Kota Depok. Anggaran hibah tersebut sebagai dana kemitraan untuk pembangunan di Kota Depok hingga 2019.

Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Manto Djorghi mengatakan pembangunan direncanakan di tiga titik Kota Depok.

"Pertama, untuk revitalisasi situ-situ di Universitas Indonesia, dianggarkan senilai Rp8 miliar," ucap Mantho saat dihubungi, Kamis 25 Oktober 2018.

Beberapa situ yang menjadi sasaran revitalisasi yaitu Situ Kenanga, Situ Puspa, Situ Mahoni, serta Situ Agathis. Keempatnya memiliki kedalaman 1 hingga 4 meter. Revitalisasi diharapkan selesai akhir 2018.

Dana hibah tersebut  juga digunakan untuk penataan Situ Pedongkelan yang berlokasi di perbatasan Jakarta Timur dan Depok, tepatnya di Kelurahan Areman, Cimanggis, Depok.

"Kita ajukan Rp6 miliar untuk penataan Situ Pendongkelan agar situ ini semakin banyak yang wisatawan yang datang," bebernya.

Terakhir, dana hibah diajukan untuk pelebaran jalan flyover akses Universitas Indonesia senilai Rp10 miliar. Namun, dirinya mengakui masih ada kendala untuk pelebaran Jalan flyover akses UI karena jangka waktu yang akan memasuki akhir tahun.

"Ternyata, perencanannya saja belum ada. Makanya kita akan buat perencanannya dulu. Kemudian, kita juga harus lakukan pelelangan untuk membangun fly over ini. Butuh waktu juga setidaknya tiga bulan,” paparnya.

Untuk sementara, pihaknya akan melebarkan jalanan underpass Universitas Indonesia (UI) dari arah Depok ke Lenteng Agung. Pemkot Depok akan melebarkan jalan kurang lebih 2,4 meter sepanjang 20 meter mengarah ke Lenteng Agung

"Karena ini tiap pagi macet juga kan," tandasnya.

Pelebaran jalan underpass UI diperkirakan menyerap biaya Rp3,5 miliar sampai Rp10 miliar yang dihibahkan Pemprov DKI.

Menurut informasi yang dihimpun melalui situs apbd.jakarta.go.id, dana kemitraan yang dianggarkan untuk Depok, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor cukup besar. Pemerintah Kabupaten Bogor mendapat dana kemitraan sebesar Rp 13,2 miliar. Sementara Pemerintah Kota Bogor mendapat sebesar Rp 10 miliar, Pemerintah Kota Depok mendapat hibah sekitar Rp24 miliar.


(SUR)