Ridwan Kamil Lantik Penjabat Bupati Cirebon

Roni Kurniawan    •    Senin, 19 Nov 2018 11:22 WIB
Pelantikan pejabat
Ridwan Kamil Lantik Penjabat Bupati Cirebon
Suasana pelantikan Penjabat Bupati Cirebon, Dicky Saromi, oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin 19 November 2018. Medcom.id/ Roni Kurniawan.

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  melantik Dicky Saromi sebagai Penjabat Bupati Cirebon. Dicky bertugas di Kabupaten Cirebon untuk menggantikan Sunjaya Purwadisastra yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Oktober 2018.

"Atas dasar surat dari Menteri Dalam Negeri, saya melantik Saudara H. Dicky Saromi sebagai Penjabat Bupati Cirebon, demi keberlangsungan pemerintahan di Kabupaten Cirebon," kata Ridwan Kamil saat pelantikan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, 19 November 2018.

Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, dalam putusan surat Mendagri tersebut terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi Dicky sebagai Penjabat Bupati Cirebon.

Dicky tidak diperbolehkan melakukan mutasi di lingkungan Pemkab Cirebon serta membatalkan perizinan yang telah dikeluarkan oleh pejabat sebelumnya.

"Atau mengeluarkan perizinan yang bertentangan dengan pejabat sebelumnya dan dilarang mengeluarkan kebijakan pemekaran daerah," jelas Emil.

Dipilihnya Dicky yang kini masih menjabat sebagai Kepala BPBD Jabar, lanjut Emil, agar roda pemerintahan di Kabupaten Cirebon bisa berjalan kembali normal pasca OTT KPK.

Dicky pun diminta segera melakukan koordinasi dengan para pejabat di lingkungan Pemkab Cirebon guna memastikan pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan dengan baik.

"Maksimalkan tugas dan peran, segera koordinasikan dengN lingkungan, dengan Pemkab Cirebon. Segera komunikasi, rangkul semua stakehoder dan masyarakat. Tumbuhkan semangat baru, moril baru, lupakan masa lalu," beber Emil.

Posisi Dicky akan berakhir hingga Mendagri memutuskan bupati definitif dengan waktu yang tidak ditentukan. Namun Emil meminta Dicky untuk fokus membangun kembali roda pemerintahan di Pemkab Cirebon.

"Setiap akan membuat kebijakan, konsultasikan dulu dengan gubernur dan juga anggota dewan. Saya akan memantau dan memaksimalkan anggota dewan, untuk memaksimalkan harapan kabupaten ini menjadi yang terbaik," pungkas Emil.


(DEN)