37 Calon Haji Asal Cirebon Dua Kali Tertunda Keberangkatannya

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 01 Aug 2017 16:53 WIB
haji 2017
37 Calon Haji Asal Cirebon Dua Kali Tertunda Keberangkatannya
Ratija, saat berads di Kantor KBIH Islamic Center -- MTVM/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Sebanyak 37 calon haji asal Kabupaten Cirebon yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 7 terlambat menerima visa. Keberangkatan mereka ke Tanah Suci yang semula dijadwalkan 29 Juli 2017 akhirnya harus mundur.

Ratija adalah satu di antara 578 calon haji yang keberangkatannya tertunda. Warga Desa Muara, Kecamatan Suranneggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, ini padahal sudah dua kali mengumpulkan keluarga dan tetangganya terkait keberangkatannya ke Makkah.

"Saya sudah mengumpulkan keluarga dan tetangga, tapi ternyata gagal berangkat karena visa belum turun," kata Ratija di Cirebon, Selasa 1 Agustus 2017.

Ratija yang berencana berangkat dengan isterinya itu mengatakan, dirinya baru mendapatkan informasi jika keberangkatannya diundur dini hari tadi. Ia mengaku malu dengan keluarga dan tetangganya, karena berulang kali keberangkatannya gagal.

"Dikiranya saya yang mengada-ada. Padahal, ada masalah di visa," kata Ratija.

Hal serupa juga dialami Afan Supriyadi yang berencana berngkat ke Tanah Suci bersama istrinya. Keluarga Afan dari luar kota sudah dua kali bolak-balik datang ke rumahnya untuk melepas keberangkatannya ke Makkah.

"Keluarga saya dari Kebumen, Jakarta, dan wilayah lainnya, sudah dua kali bolak-balik ke sini. Tapi, ternyata gagal lagi berangkatnya," kata Afan.

Afan mengaku, sudah melakukan selamatan dan berbagai persiapan menjelang keberangkatan ke Makkah. Bahkan, koper miliknya sudah dikumpulkan ke KBIH.

Ratija dan Afan bergabung dalam KBIH Islamic Center. Seharusnya, rombongan KBIH Islamic Center berangkat pada 29 Juli 2017.

Namun, karena visa belum turun, keberangkatan rombongan KBIH ini diundur pada 1 Agustus dini hari tadi. Namun, karena visanya belum turun juga, calon jemaah haji ini dijawalkan lagi berangkat pada 3 Agustus 2017.


(NIN)