Polresta Cirebon Wajibkan Anggota Kuasai Bela Diri

Ahmad Rofahan    •    Senin, 10 Jul 2017 11:34 WIB
terorisme
Polresta Cirebon Wajibkan Anggota Kuasai Bela Diri
Kapolresta Cirebon, AKBP Adi Vivid Bachtiar. (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Meningkatnya serangan kepada anggota polisi yang dilakukan kelompok teroris, membuat Polresta Cirebon melakukan peningkatan keamanan. Apalagi, Cirebon menjadi salah satu wilayah yang sering berkaitan dengan sejumlah peristiwa teror di Indonesia.

"Selain karena Cirebon masuk dalam zona merah, kantor kami juga pernah menjadi sasaran bom bunuh diri," kata Kapolresta Cirebon, AKBP Adi Vivid Bachtiar saat peringatan HUT ke-71 Bhayangkara di Cirebon, Senin, 10 Juli 2017.

Adi menyebutkan, pihaknya meningkatkan pelatihan beladiri Merpati Putih, untuk seluruh anggota Polresta Cirebon. Hal tersebut dikarenakan meningkatnya penyerangan oleh anggota teroris kepada pihak kepolisian dari jarak dekat.

"Beberapa kasus yang terjadi saat ini, teroris melakukannya jarak dekat dengan menggunakan senjata tajam. Oleh karena itu, anggota harus bisa menguasai beladiri," kata Adi.

Untuk meningkatkan kemampuan beladiri para anggotanya, Polresta Cirebon melakukan pelatihan secara rutin setiap dua minggu sekali. Seluruh anggota di jajaran Polresta ataupun Polsek, diwajibkan untuk mengikuti pelatihan ini.

"Karena kita juga sebenarnya lebih mengedepankan menggunakan beladiri. Kalau beladiri sudah tidak mampu, baru menggunakan senjata," kata Adi.

Sementara itu, untuk mengantisipasi adanya penyerangan teroris di Mapolres ataupun Mapolsek, Polresta Cirebon meningkatkan pemeriksaan terhadap setiap tamu yang berkunjung. Setiap barang bawaan akan diperiksa sebelum masuk kantor.

Polresta Cirebon juga menginstruksikan polsek jajaran untuk menutup gerbang jika sudah pukul 22.00 WIB. Para tamu yang mau berkunjung, tetap bisa dilakukan. Namun harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

"Ini sebagai bentuk antisipasi saja. Tapi intinya kami tidak takut terhadap ancaman terorisme," kata Adi.


(SAN)