Wakapolda Jabar: Perakit Bom Buahbatu Ingin Gabung ISIS Filipina

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Minggu, 09 Jul 2017 14:14 WIB
ledakan bom
Wakapolda Jabar: Perakit Bom Buahbatu Ingin Gabung ISIS Filipina
Polisi menjaga rumah kontrakan tempat terjadi ledakan di Kubang Beureum kelurahan Sekejati Buahbatu Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/7). (Antara/Agus Bebeng)

Metrotvnews.com, Bandung: Wakapolda Jabar Brigjen Bambang Suparno menegaskan bom yang meledak di wilayah Kampung Kubang Beureum RT 07 RW 11 Kelurahan Sekejati Kecamatan Buahbatu Kota Bandung, berdaya ledak sangat rendah.

"Jadi yang jelas, bom panci ini meledak sebelum diledakan dan dayanya kecil. Kalau high explosive, itu ruangan kamar sudah jebol pastinya," ungkap Bambang kepada wartawan di lokasi kejadian Minggu, 9 Juli 2017.

Bambang menjelaskan dari hasil olah TKP diketahui petugas telah membawa beberapa barang seperti mur, paku, panci, kabel, dan benda-benda seperti bagian dalam penanak nasi elektrik.

Saat ditanya apa motif AW melakukan perakitan bom panci, Bambang menduga pelaku ingin bergabung dengan ISIS di Filipina.

"Dari hasil interogasi semalam, dirinya ingin bergabung dengan jaringan ISIS. Ada beberapa target teror juga di Kota Bandung, itu tertulis dalam catatan hariannya dan masih terus kita identifikasi," paparnya.

Bambang mengatakan pihaknya masih belum bisa menyimpulkan pemicu bom meledak pada Sabtu malam, 8 Juli 2017.


(SAN)