Evakuasi Korban Lift PLTU Palabuhanratu Tuntas Hampir 24 Jam

Mulvi Muhammad Noor    •    Kamis, 22 Jun 2017 11:47 WIB
kecelakaan kerja
Evakuasi Korban <i>Lift</i> PLTU Palabuhanratu Tuntas Hampir 24 Jam
Proses evakuasi korban lift Palabuhanratu. (Foto:Metrotvnews.com/Basarnas)

Metrotvnews.com, Sukabumi: Sebanyak empat penumpang lift cerobong asap PLTU Palabuhanratu di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berhasil dievakuasi Kamis pagi, 22 Juni 2017. Korban terakhir dievakuasi setelah terjebak hampir 24 jam. 

Data yang dihimpun dari Pos Basarnas Sukabumi, empat korban terakhir adalah tiga tamu kunjungan dari PLTA Saguling, Bandung. Yakni Dadang, Agung, dan Rio. Serta satu pegawai PLTU Palabuhanratu, Ismail. 

"Korban terakhir atas nama Rio, tamu dari Saguling berhasil dievakuasi pukul 09.30 WIB dalam keadaan selamat dan ditangani tim medis," ujar Koordinator Pos Basarnas Sukabumi, Aulia Sholihanto dalam keterangannya, Kamis 22 Juni 2017. 

Para korban terjebak di lift lantai tujuh cerobong asap PLTU Palabuhanratu dengan ketinggian 210 meter sejak Rabu 21 Juni sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka satu persatu dievakuasi secara manual karena tidak ada tangga evakuasi. 

Sementara tiga korban lainnya yang terjebak di lantai empat ketinggian 105 meter sudah lebih dulu dievakuasi pada Rabu malam. Mereka yakni Yoga Junaedi pegawai K3 PLTU dievakuasi pukul 20.00 WIB, serta peneliti dari LIPI Bandung, Topan dan Hadi yang masing-masing dievakuasi pukul 20.30 WIB dan 21.00 WIB. 

"Setelah kita lakukan evaluasi bersama dan sudah tidak ada korban jiwa, maka diputuskan operasi SAR ditutup pukul 10.00 WIB," kata Aulia. 

Ketujuh korban terjebak dalam lift cerobong asap PLTU Palabuhanratu sejak Rabu sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka dipastikan berada di ruangan khusus dan aman, terpisah dari saluran asap. 

Selain Basarnas, evakuasi juga melibatkan sejumlah petugas dari unsur TNI/Polri, Pramuka Peduli, dan tim dari PLTU Palabuhanratu. Adapula tim relawan dari Aksi Cepat Tanggap, Vertical Rescue, dan Oi Cricis Centre.


(SAN)