Kemenpar Optimistis Gaet 15 Juta Wisatawan di Akhir 2017

Roni Kurniawan    •    Jumat, 25 Aug 2017 16:09 WIB
wisatawan
Kemenpar Optimistis Gaet 15 Juta Wisatawan di Akhir 2017
Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gede Pitana, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2017 mencapai 15 juta orang. Berbagai upaya promosi wisata pun terus dilakukan terutama melalui media elektronik.

Menurut Deputi Bidang Pemasaran Pasiwisata Mancanegara Kemenpar, I Gede Pitana, pada periode Januari hingga Juni 2017, kunjungan wisman ke Indonesia sudah mencapai 6,48 juta orang. Jumlah tersebut meningkat sebesar 22,4 persen dibandingkan 2016 untuk periode yang sama.

"Kalau ini konsisten maka kita sangat optimistis pada akhir tahun 2017 ini bisa mendapatkan 15 juta orang wisman," ujar Pitana usai Rapat Koordinasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, Jumat 25 Agustus 2017.

Optimisme tersebut, lanjut Pitana, karena pada semester II kunjungan wisman kerap meningkat tajam terutama pada Agustus hingga Oktober mendatang. Kawasan Pulau Bali pun menjadi salah satu tempat yang kerap dikunjungi wisman pada semester II.

"Juli-Agustus itu traffic season, jadi kalau kita lihat di Bali sekarang ini jadi optimis bahwa semester dua kondisinya lebih bagus. Belum lagi nanti Oktober yang biasanya kita punya (wisman) Tiongkok yang mempunyai golden golden week," paparnya.

Selain itu, Kemenpar juta berupaya untuk membuat paket wisata bagi wisman yang datang ke Indonesia. Paket wisata tersebut menjadi program khusus bagi Kemenpar untuk mendongkrak wisman.

"Kita mempunyai program khusus yaitu promosi terpadu Cross border dengan promosi terpadu. Kita betul-betul membuat paket-paket yang harganya terjangkau dan bisa merangsang teman-teman yang ada di Singapura dan Malaysia untuk weekend di Indonesia," pungkasnya.



(RRN)