Gubernur DKI Pantau Bendung Katulampa Bogor

Rizky Dewantara    •    Senin, 12 Feb 2018 19:30 WIB
sungai
Gubernur DKI Pantau Bendung Katulampa Bogor
Gubernur DKI Anies Baswedan bertemu Wali Kota Bogor Bima Arya di Bogor, Senin 12 Februari 2018, Medcom.id - Rizky

Bogor: Wali Kota Bogor Bima Arya menyambut kedatangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Bogor, Jawa Barat, Senin 12 Februari 2018. Kedatangan Anies meninjau kolam retensi dan Bendung Katulampa.

Sekitar pukul 11.00 WIB, Anies tiba di Balai Kota Bogor. Bima pun menyambut kedatangan tamu dengan hangat. Anies mengatakan kedatangannya untuk membahas kerja sama antara pemerintah DKI dengan Kota Bogor.

"Salah satunya penanggulangan bencana," kata Anies di Balai Kota Bogor.

Ruang lingkup kesepakatan bersama terkait penanganan banjir, sambung Anies, di antaranya normalisasi sungai lintas batas wilayah, penataan bantaran sungai Ciliwung, revitalisasi situ-situ dan pembangunan kolam retensi, pembuatan sumur resapan dan biopori di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisadane dan Ciliwung.

Anies juga menerangkan, pada 8 Februari 2018 dirinya mendapat amanat menjadi Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi dan Cianjur (BKSP Jabodetabekjur). 

"Ke depan BKSP akan menjadi forum aktif yang secara umum membahas masalah teritori antara DKI Jakarta dengan daerah penyangganya," ungkapnya.

Masih kata Anies, di mata warga tidak ada perbedaan antara pemerintah Provinsi DKI Jakarta maupun pemerintah kota atau Kabupaten disekelilingnya dalam menangani permasalahan menyangkut masyarakat.

"Jika masalah bencana ini tidak dikelola dengan baik maka masyarakat juga akan merasakan kerugiannya dan berimbas pada semua pemerintahannya,” terang orang nomor satu di DKI Jakarta itu.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku kunjungan dari Anies Baswedan bisa menjadi momentum penangan bencana dari hulu ke hilir.

"Karena ini semua harus dikerjakan bersama, kami sebagai orang yang bertanggung jawab ada di wilayah  masing-masing. Termasuk tadi menjalankan amanat konstitusi," ujarnya di Bendung Katulampa Bogor, Jawa Barat, Senin, 12 Februari 2018.

Bima juga menyatakan, kedepannya diharapkan kerjasama lintas sektoral bisa terlaksana. Mengingatkan potensi bencana akan selalu mengancam semua warga.

"Saya menyampaikan kepada Gubernur agar Bogor dan Jakarta bisa bekerja sama untuk semaksimal mungkin menahan air. Mengelola air di Bogor dengan membangun sumur resapan dan kolam retensi," paparnya.



(RRN)