Ada Jasa Angkut 23.000 Motor Gratis Untuk Pemudik

Antonio    •    Minggu, 18 Mar 2018 17:16 WIB
Mudik Lebaran 2018
Ada Jasa Angkut 23.000 Motor Gratis Untuk Pemudik
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memantau pos pendaftaran penyelenggaraan angkutan motor gratis menggunakan kereta di Stasiun Bekasi, Minggu, 18 Maret 2018. Foto: Medcom.id/Antonio

Bekasi: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan layanan angkutan sekitar 23 ribu sepeda motor dengan kereta secara gratis untuk pemudik pada masa lebaran. Pemudik yang ingin naik kereta dan menggunakan motor di kampung halaman dapat berburu 8.000 kuota yang masih tersedia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan jasa angkut gratis ini awalnya hanya berkapasitas 18 ribu kendaraan roda dua. Namun, kuota ditambah karena tingginya peminat layanan.
 
"Sekarang sudah mencapai 15 ribu dari kapasitas 18 ribu. Jadi tadi diskusi dengan Pak Dirjen, kita akan tambah 5 ribu lagi," kata Budi saat memantau pos pendaftaran pengangkutan motor gratis menggunakan kereta di Stasiun Bekasi, Minggu, 18 Maret 2018.

Jika kehabisan, pemerintah mempersiapkan alternatif lain dengan menggunakan truk dan kapal laut untuk daerah Semarang, Jawa Tengah. Rencananya akan disediakan kuota 10 ribu sepeda motor untuk kapal dan 5.000 sepeda motor untuk truk.

Budi menjelaskan, tiket gratis itu untuk membantu  masyarakat yang akan mudik. Kendaraan akan di antar bolak-balik dari tempat tinggal ke tujuan.

"Kalau dia (pemudik) satu minggu di sana (kampung halaman) hitung - hitung dibiayai pemerintah, pakai motor yang baru di daerah kan seneng tuh, bisa ketemu siapa - siapa," tutupnya.


(SUR)