Pemprov Jabar Dukung Lahan Tahura Diperluas

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Sabtu, 24 Mar 2018 17:31 WIB
lingkungan
Pemprov Jabar Dukung Lahan Tahura Diperluas
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Mecom.id/Fachri Audhia Hafiez,

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendukung jika kawasan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda diperluas. Perluasan diyakini mampu menahan resapan air hujan.

"Tentu ketika masyarakat (yang ada di sekitar Tahura) siap, saya kira enggak ada masalah. Ini (perluasan lahan) juga untuk keberlangsungan Tahura lebih luas," ungkap Aher sapaan akrabnya di Graha Mandala Siliwangi, Jalan Aceh Kota Bandung, Jumat, 23 Maret 2018.

Namun, menurutnya ada permasalahan dalam memperluas kawasan tersebut, yaitu adanya lahan masyarakat di wilayah itu.

Aher berharap, masyarakat yang memiliki lahan disekitaran Tahura mau menjualnya kepada Pemprov Jabar.

"Di tengah-tengah Tahura ada lahan masyarakat, kita berharap milik masyarakat ini juga dijual kepada pemerintah provinsi, supaya seluruh kawasan tersebut menjadi kawasan Tahura," terangnya.

Selanjutnya, pria berkacamata ini menjelaskan perluasan kawasan Tahura perlu persetujuan berbagai pihak seperti Kementerian LHK dan penalkiasian dana dari pemerintah provinsi. 

Selain itu, Aher menambahkan untuk kedepannya perlu ada komunikasi dengan masyarakat yang berada di sekitaran wilayah Tahura. Berkaca pada pengalaman pada tahun 2008 lalu, warga sempat demo menentang perluasan hutan konservasi tersebut.

"Oleh karena itu ketika ada kesadaran secara bersama-sama tanpa ada persoalan, tanpa ada yang terpaksa, tanpa ada yang menolak, saya kira bai.Karena di manapun temanya, memperluas hutan adalah sangat bagus," jelasnya.

Aher menegaskan, hingga saat ini Tahura telah dikelola dengan baik oleh pemerintah Provinsi Jabar selain menjadi lahan Konservasi wilayah tersebut juga menjadi wisata ekologi.

"Tahura merupakan tanah negara, namun pengelolaannya diserahkan kepada pemerintah provinsi. Tentu sampai saat ini ada kemajuan yang sangat berarti (Tahura). Kita mampu membangun dan merawat dengan baik, disaat yang sama juga mampu menjadikan Tahura sebagai wisata ecologi," pungkasnya.

Diketahui Taman Hutan Raya IR H. Djuanda merupakan daerah utama resapan air untuk mencegah banjir yang berada di wilayah cekungan Bandung. Luas Hutan Konservasi mencapai 526,98 hektare yang rencananya akan diperluas oleh Pemerintah Provinsi Jabar sekitar  kurang lebih 2.750 Hektare.



(ALB)