Tangsel Gelar Festival Lenong Betawi Dalam Rangka HUT ke-10

Farhan Dwitama    •    Minggu, 18 Nov 2018 19:11 WIB
seni dan budayapesta kesenian
Tangsel Gelar Festival Lenong Betawi Dalam Rangka HUT ke-10
Warga antusian melihat festival Lenong di alun-alun Pondok Aren, Tangerang Selatan, Minggu, 18 November 2018. Medcom.id/ Farhan Dwitama.

Tangerang: Warga Tangerang Selatan dan sekitarnya memadati alun-alun Pondok Aren memeriahkan festival Lenong, Betawi 2018. Acara ini akan ditutup dengan pertunjukkan lenong betawi oleh pejabat Daerah seperti Gubernur Banten, Wali Kota Tangsel, Kapolres Tangsel, dan unsur pimpinan daerah lainnya. 

Ketua Lembaga Budaya Betawi Tangsel, Abdul Karim mengatakan, kegiatan tahunan ini merupakan rangkaian acara Hari Ulang Tahun kota Tangerang Selatan ke-10.

Dalam festival Lenong ini, pihaknya juga melombakan penampilan Lenong dari sejumlah sanggar Lenong di kota Tangerang Selatan. 

Dalam catatannya, seni peran Lenong Betawi di Tangerang Selatan, terus tergerus. Padahal, kota Tangerang Selatan telah memiliki bakat-bakat seniman komedi yang bermula dari Lenong Betawi, seperti Bolot, Yadi Sembako, Narji Cagur. 

"Agak tersendat, saat ini tinggal 5 sanggar profesional yang masih eksis melenong, inipun lebih banyak berkegiatan untuk acara hajatan, pernikahan dan sebagainya," kata Abdul Karim saat dikonfirmasi, Minggu, 18 November 2018.

Abdul berharap, dengan festival Lenong Betawi 2018 ini bisa menjaring banyak sanggar-sanggar lenong kecil yang sebenarnya masih tumbuh di kampung-kampung di Tangerang Selatan.

Festival Lenong Betawi di Tangerang Selatan ini, adalah acara ke-4 yang diselenggarakan Lembaga Budaya Betawi Tangsel sejak tahun 2014 lalu. 

Selain pertunjukkan Lenong yang menghibur dengan guyonan ala Betawi. Festival ini juga dimeriahkan aneka panganan khas Betawi dan permainan pasar malam.

"Seru liburan murah-meriah, bisa nonton Lenong sambil ngajak anak-anak bermain banyak wahana," kata Linda warga Pondok Maharta.


(DEN)