Polder Air di Bekasi Belum Berfungsi Maksimal

Antonio    •    Kamis, 15 Nov 2018 09:33 WIB
bencana banjir
Polder Air di Bekasi Belum Berfungsi Maksimal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Bekasi: Polder air yang ada di Kota Bekasi, Jawa Barat, diakui belum berfungsi dengan maksimal untuk menanggulangi 49 titik banjir di Kota Bekasi, Jawa Barat. Baru 11 dari 30 polder air yang memiliki mesin dan rumah pompa untuk menyedot air.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi Arief Maulana menyebut pompa tersebut diketahui berfungsi menyedot air dari jalan yang terkena banjir ke polder air. Penanganan banjir kurang maksimal jika polder air yang ada tidak dilengkapi mesin pompa dan prasarana lainnya

“Karena pompa itu kan yang menarik air ke penampungan,” kata dia di Bekasi, Rabu 14 November 2018.

Dia mengakui belasan polder air belum memiliki mesin dan rumah pompa karena pengadaannya membutuhkan anggaran besar, mencapai sekitar Rp2,5 miliar. Sementara, anggaran yang dimiliki Pemkot Bekasi terbatas.

Dia pun mengungkap sekitar 13 polder air yang dikerjakan oleh Pemkot Bekasi. Sisanya dibuat swasta.

“Tapi kita upayakan dengan minta bantuan ke Pemprov atau ke pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat),” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah wilayah di tiga kecamatan yang ada di Kota Bekasi terendam banjir. Banjir tersebut juga merendam sekolah hingga kawasan perkantoran.


(SUR)