Seluruh Penumpang Kapal Terbakar di Merak Selamat

Hendrik Simorangkir    •    Kamis, 07 Feb 2019 23:08 WIB
kapal terbakar
Seluruh Penumpang Kapal Terbakar di Merak Selamat
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Tangerang: Sebanyak 196 penumpang dan 26 anak buah kapal (ABK) di Kapal Motor Penumpang (KMP) BSP 1 yang terbakar di Perairan Merak, Banten, berhasil diselamatkan. Seluruh penumpang yang berhasil dievakuasi tengah dirawat.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Banten Herwanto mengatakan, penumpang beserta ABK diselamatkan setelah empat kapal terjun untuk evakuasi. Keempat kapal tersebut yakni kapal patroli KPLP KNP Jembio dibantu kapal KMP Batu Mandi, KMP Royal Nusantara, dan KMP Titian Murni.

"Alhamdulilah seluruh penumpang dipastikan selamat dan KSOP Banten menyiapkan tim medis di Pelabuhan Merak. Kapal pun sudah sandar di Dermaga 3 di Pelabuhan Merak," ujar Herwanto, Kamis, 7 Februari 2019.

Baca: Kapal Terbakar di Perairan Merak

Kapal yang dinakhodai Soemarjono tersebut dalam pelayarannya dari Bakauheni menuju Pelabuhan Merak. Kapal terbakar di dekat Pulau Merak Besar.

"Pada saat kejadian, ABK berusaha memadamkan api dari ruang mesin dan meminta seluruh penumpang untuk menggunakan life jacket sambil menunggu evakuasi dari Tim SAR," kata Herwanto.

Penyebab terjadinya kebakaran di ruang mesin tersebut akan digali Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). KSOP Klas I Banten akan mengikuti prosedur yang ada.


(SUR)