Hari Tanpa Bayangan akan Terjadi di Bandung

Roni Kurniawan    •    Rabu, 10 Oct 2018 12:25 WIB
fenomena alam
Hari Tanpa Bayangan akan Terjadi di Bandung
Sejumlah pengendara kendaraan bermotor melintas di Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/9). ANTARA FOTO/Novrian Arbi.

Bandung: Wilayah Kota Bandung akan mengalami hari tanpa bayangan pada Kamis, 11 Oktober 2018. Fenomena alam itu akan terjadi pada pukul 11.36 WIB.

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung, Tony Agus Wijaya, hari tanpa bayangan terjadi karena posisi matahari tegak lurus di wilayah Bandung pada esok siang.

"Hal ini adalah peristiwa rutin yang terjadi satu tahun dua kali yaitu Maret dan Oktober," ujar Tony saat dihubungi, Rabu, 10 Oktober 2018.

Tony menjelaskan, fenomena dengan nama Kulminasi Utama itu terjadi karena bumi mengelilingi matahari dan kerap berubah pada setiap saat. Namun Tony memastikan fenomena itu tidak akan berdampak apapun kepada manusia.

"Ini adalah peristiwa yang rutin terjadi, tidak ada dampak ke manusia. Karena ini terjadi Bumi mengelilingi Matahari, sehingga posisi Matahari berubah setiap saat dan berulang setiap tahunnya," jelas Tony.

Fenomena tersebut juga terjadi di beberapa daerah Jawa, yakni Jakarta pada Senin, 9 Oktober kemarin, Serang, 9 Oktober, Semarang, 11 Oktober, Surabaya, 12 Oktober, dan Yogyakarta, 13 Oktober.


(DEN)