Pemkot Tangerang Sediakan Bis Gratis untuk Wisatawan

Hendrik Simorangkir    •    Sabtu, 25 Aug 2018 17:46 WIB
pariwisata
Pemkot Tangerang Sediakan Bis Gratis untuk Wisatawan
Pemkot Tangerang menyediakan bus pariwisata gratis untuk melayani wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Kota Tangerang, Banten, Sabtu, 25 Agustus 2018. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir.

Tangerang: Pemerintah Kota Tangerang menyediakan bus pariwisata gratis untuk wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Kota Tangerang, Banten. Bus tersebut siap mengantar wisatawan menjelajahi Kota Tangerang mulai dari taman-taman dan juga land mark di Kota Akhlakul Karimah itu.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan, dengan adanya bus wisata tersebut diharapkan bisa meningkatkan daya tarik masyarakat serta wisatawan yang ingin berlibur di Kota Tangerang.

"Ini adalah program Pemkot Tangerang. Semoga dengan beroperasinya bus pariwisata bisa meningkatkan kunjungan dan jumlah wisatawan yang memanfaatkan hari liburnya dengan berwisata di Kota Tangerang," kata Sachrudin saat peresmian bus wisata di Taman Gajah Tunggal, Tangerang, Sabtu, 25 Agustus 2018.

Sachrudin menjelaskan, adanya bus wisata ini menjadi sarana bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat-tempat menarik di Kota Tangerang tanpa mengeluarkan biaya.

"Bagi yang ingin naik bus wisata, sementara biaya naik bus masih digratiskan. Jadi tidak perlu repot naik kendaraan pribadi untuk keliling wisata di Kota Tangerang," jelas Sachrudin.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Saeful Rohman menjelaskan, saat ini terdapat dua unit bus wisata yang sudah siap beroperasi dengan jarak tempuh untuk satu kali perjalanan adalah 13,4 Km dengan kecepatan rata-rata 25 Km/jam.

"Untuk hari Senin-Jumat akan beroperasi mulai sore hari, sementara di hari libur dari pagi sampai sore. Bus ini merupakan peremajaan dari bekas bus lane dan rencananya akan ada penambahan unit di tahun 2019," jelas Saeful.

Bus wisata keliling Kota Tangerang memiliki kapasitas 30 orang dengan kabin tertutup, fasilitas AC dan bagian belakang bus sengaja dibuat terbuka tanpa kaca.

Adapun rute bus plesiran tersebut dimulai dari Pusat Informasi Pariwisata di Jalam M Yamin terus lanjut ke Taman Gajah, kemudian ke Kampung Bekelir di Babakan lanjut menuju Jalan Otista lanjut lagi ke Jalan KS Tubun menuju Jembatan Berendeng di Benteng Makasar kemudian ke Taman Pramuka dan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang sebelum berakhir di Taman Burung Jalan M Yamin.


(DEN)