Pelaksanaan Demplot Diklaim Sukses

Antonio    •    Selasa, 10 Apr 2018 13:34 WIB
pertanian
Pelaksanaan Demplot Diklaim Sukses
Pelaksanaan Demontration Plot (Demplot) di Desa Sukamantri, Tambelang, Kabupaten Bekasi. (Medcom.id/Antonio)

Bekasi: Pelaksanaan Demontration Plot (Demplot) dengan cara organik di lahan pertanian seluas 25 hektare di Desa Sukamantri, Tambelang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, diklaim sukses.

Demplot adalah metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan membuat lahan percontohan. Dengan begitu petani bisa melihat dan membuktikan objek yang didemontrasikan.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mengatakan DPR mengusulkan dilaksanakan demplot di lokasi itu karena pada 2017 terjadi gagal panen akibat hama werang.

"Kita memanggil seluruh pelaku termasuk kementrian, kita melakukan percobaan demplot dengan cara organik dan ternyata berhasil," kata dia, di Bekasi, Selasa, 10 April 2018.

Ia menjelaskan, hasil panen meningkat dari 6,7 ton per hektare menjadi 8,8 ton per hektare. Dengan begitu, Desa Sukamantri mejadi daerah percontohan. Hanya saja, persoalan pengairan lahan pertanian masih bermasalah. 

Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin mengatakan peningkatan hasil panen tersebut merupakan hal yang luar biasa.

"Ini kualitas prima luar biasa, semua bahannya dari hayati dan juga biayanya lebih murah dan padinya sehat," katanya.

Sementara soal kekeringan di wilayah tersebut ia telah mengintruksikan jajarannya menyelesaikan masalah itu. 

"Kita sudah perintahkan kepala dinas pertanian untuk bekerjasama dengan Bappeda untuk masukan di Musrenbang. Insyaallah di tahun 2019 bisa terealisasi," tuturnya.



(LDS)