Pilgub Jabar 2018

Jumlah Pendukung Paslon saat Debat Terakhir Dikurangi

Roni Kurniawan    •    Selasa, 19 Jun 2018 22:08 WIB
pilgub jabar 2018
Jumlah Pendukung Paslon saat Debat Terakhir Dikurangi
Suasana dalam Debat Publik II Pilgub Jabar di Balairung Universitas Indonesia Depok, 15 Mei 2018, MI - Dede Susianti

Bandung: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menggelar Debat Publik III Pilgub Jabar pada Jumat, 22 Juni 2018. KPU pun memutuskan mengurangi jumlah pendukung empat pasangan calon masuk ke dalam ruang debat.

Debat akan berlangsung di Grand Ballroom Sudirman, Jalan Sudirman, Kota Bandung. KPU hanya mengizinkan tiap pasangan calon membawa 50 pendukung saat debat berlangsung.

"Kami memang mengurangi jumlah pendukung, yaitu maksimal 50 orang. Itu termasuk pasangan calon," ujar Komisioner KPU Jabar Nina Yuningsih saat dihubungi awak media via telepon seluler, Selasa 19 Juni 2018.

Pada debat pertama dan kedua, KPU mengizinkan tiap pasangan calon membawa 100 pendukung. Nina mengatakan keputusan itu diambil atas pertimbangan kapasitas Grand Ballroom Sudirman yang hanya bisa menampung sebanyak 500 orang.

"Berarti hanya 200 sisanya undangan KPU dan 100 untuk media. Karena kapasitas gedung dipilih memang lebih kecil, kapasitasnya sekitar 500 orang," sambung Nina.

Selain itu, pengurangan jumlah pendukung setiap paslon tersebut pun untuk memudahkan dari segi keamanan dan ketertiban saat debat publik berlangsung. Terlebih KPU pun mengantisipasi agar tidak terjadi kericuhan seperti pada debat publik kedua di Universitas Indonesia, Depok.

"Sebetulnya secara keseluruhan, ketertiban bisa diatasi. Kemudian tercederai ketika ada insiden dari salah satu paslon yang semestinya tak perlu terjadi. Karena kita kan sedang bahas visi misi Pilgub bukan untuk lainnya," pungkasnya.


(RRN)