Ikuti Karnaval kemerdekaan, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Sunda

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 26 Aug 2017 14:40 WIB
hut ri
Ikuti Karnaval kemerdekaan, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Sunda
Presiden Jokowi hadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu 26 Agustus 2017. --MTVN/Roni--

Metrotvnews.com, Bandung: Presiden Joko Widodo datang tepat pada waktunya di perayaan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu 26 Agustus 2017. Didampigi Ibu Negara Iriana Widodo, Jokowi menggunakan pakaian adat Sunda dengan warna ungu.

Pantauan Metrotvnews.com, Jokowi beserta rombongan tiba di kawasan Gedung Sate sekitar pukul 14.00 WIB. Kedatangan Jokowi yang menggunakan iket khas sunda serta ibu negara disambut hangat oleh masyarakat yang telah menunggu lebih dari tiga jam.

Jokowi tak diam, dia langsung membalas sambutan hangat tersebut dengan melambaikan tangan ke arah masyarakat yang membelakangi lapangan Gasibu yang berada di sebrang Gedung Sate. 

Saat menaiki panggung utama, Jokowi langsung menghampiri para pejuang veteran yang turut memeriahkan acara tahunan tersebut. 

Bahkan Jokowi terlihat berbincang dengan para pejuang veteran sebelum duduk di kursi yang telah disediakan.

Sementara itu, ribuan pelajar tingkat sekolah dasar memainkan gendang tangan saat Jokowi tiba. Suasana keramaian pun begitu terasa di kawasan Gedung Sate.

Sementara itu, masyarakat begitu antusias memadati kawasan Gedug Sate sejak pukul 12.00 WIB. Terik matahari begitu menyengat di langit Kota Kembang tak menyurutkan antusias masyarakat untuk mengaksikan langsung perayaan puncak HUT ke-72 RI itu. Bahkan merela rela berdiri berjam-jam demi menempati posisi paling depan diantara kerumunan.

"Kalau ibu dari tadi udah disini, pengen paling depan jadi buru-baru. Pengen liat jelas arak-arakan karnaval," kata Ineu, 37, salah seorang warga Cicadas, Kota Bandung saat berbincang di area Gedung Sate, Jalan diponegoro, Sabtu 26 Agustus 2017.

Ineu pun tak sendiri. Ia mengajak dua putranya yang masih kecil untuk menyaksikan langsung kemeriahan karnaval. Ajakng karnaval itu pun disempatkan Ineu untuk mengisi libur akhir pekan, terlebih wanita berkerudung itu merupakan salah satau pegawai di pabrik.

"Mumpung libur, jadi bawa anak main ke sini," ujarnya.

Hal senada pun diungkapkan Nuraeni, 42, warga asal Cicaheum, Kota Bandung. Meski telah menunggu lama sebelum karnaval dimulai pada pukul 14.00 WIB nanti, ia tetap berdiri kurang lebih selama dua jam sejak pukul 11.00 WIB. Keinginannya cuma satu, yakni melihat langsung Presiden Jokowi.

"Mau liat langsung pak Jokowi. Karena selama ini kan hanya liat di tv. Jadi sekarang kesempatan," tandas Nur ditempat yang sama.


(ALB)