Panahan Tradisional Digelar di Ajang FKN XI

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 16 Sep 2017 17:20 WIB
Panahan Tradisional Digelar di Ajang FKN XI
Peggy Noviatri saat mengikuti lomba memanah tradisional di FKN XI Cirebon. Foto: MTVN/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Puluhan peserta dari sejumlah Provinsi di Indonesia ikut ambil bagian dalam lomba panahan tradisional yang diselenggarakan dalam rangka Festival Keraton Nusantara (FKN) XI di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu 16 September 2017. Uniknya, selain menggunakan panah tradisional, para peserta juga menggunakan pakaian adat.

Seperti yang dilakukan oleh Peggy Noviatri. Untuk ikut dalam perlombaan ini, ia rela membeli pakaian adat. "Yang saya pakai, ini pakaian Minang," ujar Peggy usai lomba di Cirebon.

Walaupun  ia bukanlah seorang atlet, tapi memanah merupakan hobby barunya. Ia menjadi rutin menggeluti olahraga ini setelah  bergabung dengan perkumpulan organisasi pemanahan berkuda Indonesia.

Perempuan asli Jakarta ini juga mengaku sudah tiga kali mengikuti perlombaan memanah. Ia mengaku cukup antusias dalam mengikutinya walau pun tidak memiliki target khusus dalam perlombaan ini

"Yang penting ikut, jadi tidak ada target," kata Peggy.

Hal serupa juga disampaikan Irvan Setiawan Mapaseng. Peserta dari Cirebon ini mengaku cukup tertantang untuk ikut berlomba dalam panahan tradisional ini ini.

Menurutnya, dalam perlombaan memanah tradisional ini diikuti oleh 52 peserta 12 provinsi di Indonesia. Walaupun masih memiliki jalur keturunan dari Keraton Kasepuhan, namun Irvan mengaku mengikuti perlombaan ini atas nama pribadi.

"Saya atas nama pribadi. Karena lombanya juga pribadi," kata Irvan.


 
(SUR)