Jokowi Agendakan Pertemuan dengan Raja se-Nusantara

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 14 Sep 2017 17:02 WIB
presiden ri keraton
Jokowi Agendakan Pertemuan dengan Raja se-Nusantara
Presiden Joko Widodo/ANT/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Cirebon: Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir dalam penyelenggaran Festival Keraton Nusantara ke XI di Jawa Barat. Dalam kegiatan tersebut, presiden diagendakan menggelar pertemuan dengan raja-raja dari sejumlah keraton dan kerajaan di Nusantara.

Walikota Cirebon Nasrudin Azis membenarkan agenda tersebut. Menurutnya, presiden akan hadir pada Senin 18 September 2017, bertepatan dengan penutupan kegiatan FKN XI di Cirebon. Kegiatan tersebut juga sekaligus dikemas dengan pertemuan presiden dengan raja-raja Se-Nusantara.

“Nanti presiden akan melakukan pertemuan dengan raja-raja Nusantara di FKN XI,” kata Azis saat meninjau persiapan FKN XI di Cirebon, Kamis 14 September 2017.

Azis juga menyampaikan, hingga saat ini, sudah tercatat ada sekitar 113 kerajaan yang akan hadir di acara FKN XI di Cirebon. Selain dari kerajaan dalam negeri, sejumlah kerajaan dari luar negeri dan kedutaan besar juga akan hadir dalam kegiatan tersebut. Ia juga memastikan persiapan FKN XI yang akan dibuka mulai besok, sudah siap dilaksanakan.

“Besok para tamu sudah hadir, dan malamnya kita lakukan welcome dinner,” kata Azis.

Sementara itu, Kapolresta Cirebon AKBP Adi Vivid Bachtiar mengatakan, pihaknya akan menyiagakan sekitar 650 personil untuk menjaga keamanan selama pelaksanaan FKN XI di Cirebon. Jumlah tersebut masih bisa bertambah, dengan adanya dukungan dari instansi luar. Pihak kepolisian juga melakukan pengamanan khusus untuk para raja-raja yang hadir.

“Ada pengamanan khusus untuk para raja-raja, mulai dari tempat penginapan hingga perjalanan ke lokasi acara,” kata Adi.

Festival Keraton Nusantara XI akan diselenggarakan di Cirebon Jawa Barat mulai tanggal 15-19 September 2017. kegiatan ini akan diisi dengan karnaval kerajaan nusantara, sejumlah pameran, pagelaran kesenian dan pertemuan raja-raja nusantara.



(ALB)