Jumlah Pendatang di Bandung Meningkat Usai Lebaran

Roni Kurniawan    •    Selasa, 04 Jul 2017 14:13 WIB
urbanisasi
Jumlah Pendatang di Bandung Meningkat Usai Lebaran
Petugas Disdukcapil Bandung melakukan pendataan terhadap warga pendatang saat operasi simpatik di Terminal Cicaheum, Bandung, Jawa Barat -- MTVN/

Metrotvnews.com, Bandung: Jumlah pendatang di Bandung, Jawa Barat, meningkat 10 persen usai libur Lebaran 2017. Ini membuktikan jika Bandung masih menjadi tujuan masyarakat untuk mencari nafkah.

"Trennya setiap tahun mengalami peningkatan. Tahun ini ada 10 persen pendatang baru dari jumlah penduduk di Kota Bandung yang mencapai 2,3 juta jiwa," kata Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Bandung Siti Wahyuni saat menggelar operasi simpatik di Terminal Cicaheum, Jalan A.H. Nasution, Bandung, Jawa Barat, Selasa 4 Juli 2017.

Siti mengatakan, mayoritas warga pendatang berasal dari daerah priangan timur yang meliputi Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran. Tak sedikit warga pendatang tidak memiliki identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Kita hanya mengarahkan untuk bikin surat tinggal sementara. Setelah itu, mereka harus ambil KTP dari tempat asalnya atau dikirim ke Bandung. Nanti lapor ke kewilayahan," tutur dia.

Sementara itu, sebanyak 107 warga pendatang terdata masuk ke Bandung melalui Terminal Cicaheum pada hari ini. "Data ini akan kita tindak lanjuti nanti, untuk kembali digelar operasi ke pemukiman, terutama rumah yang disewakan," tandas Siti.


(NIN)