Pilgub Jabar 2018

Ridwan Kamil Masih di Puncak Survei Indo Barometer

Roni Kurniawan    •    Selasa, 06 Jun 2017 19:02 WIB
pilkada 2018
Ridwan Kamil Masih di Puncak Survei Indo Barometer
Suasana diskusi hasil survei oleh lembaga Indo Barometer di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Nama Ridwan Kamil masih berada dalam posisi teratas sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat dalam survei yang dilakukan Indo Barometer menjelang Pilkada 2018. Ridwan Kamil mengungguli dua nama pesaing lainnya yakni Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi.

Survei yang dilakukan Indo Barometer mengenai beberapa aspek termasuk calon gubernur Jawa Barat. Wai Kota Bandung mendapat respon paling tinggi (88,7 persen), Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar (83 persen), dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi (80,9 persen).

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodhari, mengatakan survei dilakukan di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat pada 17-23 Mei 2017 dengan jumlah responden 800 orang, margin of error 3,46 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Maksud dan tujuan survei untuk melihat dinamika permasalahan di Jawa Barat, pilihan calon gubernur, pilihan parpol dan dinamika calon presiden, serta isu yang berkembang pasca pilkada DKI Jakarta. Untuk hasil survei calon gubernur, Ridwan Kamil masih berada dalam posisi paling atas," kata Qodhari di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa 6 Juni 2017.

Ia mengatakan, tingginya hasil survei terhadap Ridwan Kamil karena begitu dikenal oleh masyarakat. Sebab pria yang memiliki profesi dasar sebagai arsitek itu begitu aktif di berbagai jaring media sosial termasuk mempromosikan program Pemerintah Kota Bandung.

"Sedangkan dari sisi alasan terbanyak memilih gubernur, respon memilih berwibawa 13 persen, dekat dengan rakyat 12,3 persen, pintar atau intelektual 11,5 persen, kinerjanya bagus 9,4 persen, dan berpengalaman 8,5 persen," bebernya.

Sementara itu, Indo Barometer pun melakukan survei terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar saat ini. Untuk tingkat kepuasan terhadap kinerja Ahmad Heryawan sebagai gubernur, sebanyak 52,6 persen menyatakan puas. Sementara kepuasan terhadap Deddy Mizwar sebagai wakil gubernur mencapai 47,2 persen.


(RRN)