Peserta Karnaval Parahyangan Berasal dari Aceh hingga Papua

Roni Kurniawan    •    Jumat, 25 Aug 2017 17:15 WIB
hut ri
Peserta Karnaval Parahyangan Berasal dari Aceh hingga Papua
Gedung Sate, salah satu lokasi yang dilintasi peserta Karnaval Kemerdekaan RI, di Bandung, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Sebanyak 2.500 peserta mengikuti ajang Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan di Kota Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu 26 Agustus 2017. Peserta karnaval berasal dari Aceh hingga Papua.

Menurut Catharina Widyasrini selaku PR Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan mengatakan acara dimulai pukul 14.00 WIB. Tema acara yaitu Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama. 

"Ada juga 43 komunitas serta perwakilan dari berbagao daerah penyelenggara festival-festival terbaik se-Indonesia. Seperti Jambi Fashion Festival yang menjadi agenda rutin dan sudah terkenal sampai ke luar negeri," ujar Catharina di Media Center Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Best Western Hotel, Jalan Merdeka, Jumat 25 Agustus 2017.

Karnaval tersebut merupakan tradisi menutup puncak Peringatan Bulan Kemerdekaan. Acara rutin digelar sejak 2015 dan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Rencananya, Presiden memberikan penghargaan dan penyematan terhadap relawan dan pasikan gorong-gorong kebersihan (gober). Pasukan tersebut akan membersihkan sampah di sepanjang rute karnaval mulai dari Gedung Sate hingga Alun Alun Bandung.

"Presiden akan menyemat pin penghargaan sebagai pahlawan lingkungan. Karena mereka ini yang nanti akan membersihkan sampah-sampah disepanjang rute karnaval," beber dia.

Selain itu, acara karnaval pun akan dimeriahkan oleh seribu pelajar di kawasa Gedung Sate. Ribuan pelajar tersebut akan membunyikan gendang tangan sebagai tanda acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan dimulai.

"Jadi acara pembukanya semua ada di Gedung Sate. Pak Presiden akan membuka dan memberikan sambutan di sana," tegas Catharina.


(RRN)