Aksi Bela Islam III

Tersisa 86 Warga Ciamis yang Berjalan Kaki ke Jakarta

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 29 Nov 2016 20:39 WIB
unjuk rasa
Tersisa 86 Warga Ciamis yang Berjalan Kaki ke Jakarta
Ribuan orang berjalan kaki dari Ciamis menuju Jakarta untuk ikut aksi bela Islam 2 Desember, Metro TV - Yosef Trisn

Metrotvnews.com, Bandung: Massa dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GPNF) MUI Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, masih dalam perjalanan menuju Jakarta. Mereka berjalan kaki dari Ciamis ke Ibu Kota.

Kapolres Ciamis AKBP Didi Hayamansyah mengatakan tersisa 86 orang yang berjalan kaki. Kini, mereka memasuki wilayah Garut.

"Dari Ketuanya sudah menghimbau, kegiatan ini (berjalan kaki) dilakukan sekuatnya. Jangan dipaksakan," ungkap Didi saat dihubungi Metrotvnews.com, melalui sambungan telepon, Selasa (29/11/2016).

Kemarin, lebih seribu warga Ciamis mengikuti aksi berjalan kaki menuju Jakarta. Namun banyak yang pulang ke pondok pesantren masing-masing.

Diki menuturkan, pihaknya masih melakukan pengawalan terhadap massa yang berniat menuju Jakarta ini. Adapun personel yang bertugas mengawal puluhan massa ini dilakukan dengan menggunakan sepeda, dan motor.

"Ada 10 petugas yang menggunakan sepeda dan 15 orang lainnya menggunakan sepeda motor. Sisanya personel melakukan penjagaan di tiap pertigaan," bebernya.

Didi menegaskan, kemungkinan massa bisa sampai ke Jakarta sangat kecil kebanyakan banyak yang kembali pulang ke pesantrennya di Ciamis."Banyak yang kembali pulang, kita sudah imbau untuk tidak melaksanakan aksi," paparnya.

Didi mengatakan sudah ada 5.000 warga di wilayah Ciamis yang mendaftar untuk kegiatan berdoa bersama pada tanggal 2 Desember mendatang. Kegiatan tersebut, akan dilakukan di Mesjid Agung Ciamis.

"Oleh sebab itu, kami menghimbau kepada masyarakat Ciamis agar ikut doa bersama di Mesjid Agung Ciamis," pungkasnya


(RRN)