Luapan Sungai Cisadane Rendam Rumah Warga di Bogor

Mulvi Muhammad Noor    •    Jumat, 17 Mar 2017 20:56 WIB
banjir
Luapan Sungai Cisadane Rendam Rumah Warga di Bogor
Luapan Sungai Cisadane. (MTVN/Mulvi)

Metrotvnews.com, Bogor: Derasnya hujan di sejumlah wilayah di Bogor tidak hanya berpengaruh terhadap ketinggian air Sungai Ciliwung. Hal serupa juga terjadi di Sungai Cisadane hingga merendam pemukiman warga. 

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Bogor, Susanto menjelaskan, sedikitnya terdapat empat rumah yang terkena luapan Sungai Cisadane di Kecamatan Bogor Selatan. Tinggi air di pemukiman warga sempat mencapai satu meter sejak pukul 17.00 WIB. 

"Ini karena intensitas hujan deras di kawasan hulu," kata Susanto, Jumat 17 Maret 2017.

Pendataan sementara, petugas memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian ini. Sementara korban terdampak luapan sungai, kini telah diungsikan. Air merendam peralatan rumah warga seperti peralatan dapur, elektronik, dan kasur.

"Sekitar 40 menit, airnya baru surut. Banjir tidak meluas," tuturnya. 

Sementara itu Relawan Sarana Komunikasi Timur (Sakti), M Taufik menjelaskan, terdapat dua rumah di Kelurahan Batutulis RT 1/7 yang dihuni 11 jiwa. Mereka diungsikan ke tempat keluarga yang lebih aman.

"Satu rumah di Kelurahan Rangga Mekar juga terdampak, temboknya jebol," kata Taufik. 

Para pemilik rumah dibantu petugas masih membersihkan sisa-sisa banjir. Mereka diminta lebih waspada, terlebih pemukimannya berada tak jauh dari Sungai Cisadane. 


(LDS)